NewsMetroPolitik

Pj. Wali Kota Kendari Pastikan Logistik Pemilu 2024 Aman

92
×

Pj. Wali Kota Kendari Pastikan Logistik Pemilu 2024 Aman

Share this article

TERAMEDIA.ID,KOTA KENDARI- Guna memastikan logistik pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 aman, Penjabat (Pj.) tinjau lokasi Gudang penyimpanan surat suara, Senin (22/1/2024).

Pj. Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup mengatakan peninjauannya itu untuk mengecek kondisi Gudang bebas dari banjir.

Terlebih, dalam beberapa pekan terakhir Kota Kendari sering diguyur hujan, sehingga membuat kekhawatiran apa bila Gudang tersebut sampai terkena banjir.

“Kekhawatiran saya kalau hujan bisa terjadi banjir, bisa berbahaya. Oleh karena itu saya mencoba dengan KPU membicarakan hal ini bagaimana kita bisa mengantisipasi tentunya ini jangan sampai kalau terjadi banjir basah semua surat-surat,” ujar Yusup.

Kepala BPBD Sultra itu menyebut jika 20 hari lagi, surat suara itu bakal didistribusikan ke seluruh Kelurahan se-Kota Kendari.

“Untuk kesiapan saya rasa sudah siap semua, baik dari sisi kertas suara, untuk pendistribusian saya kira sudah siap semua. Tinggal kita mengantisipasi kalau terjadi hujan,” tuturnya.

Sementara, Kepala KPU Kota Kendari, Jumwal Saleh mengatakan mengikuti instruksi Pj. Wali Kota Kendari, maka pihaknya menjamin surat suara itu dalam kondisi aman, hingga didistribusikan nanti pada 13 Februari 2024 malam.

Bahkan saat ini, pihaknya telah memasuki tahap pengesetan surat suara dan formulir ke dalam Kotak suara.

“Karena tahapan sortir lipat sudah selesai, masuk tahap pengesetan baik surat suara, maupun formulir untuk kedalam kotak disesuaikan dengan jumlah masing-masing surat suara per TPSnya,” terangnya.

Sementara untuk jumlah surat suara yang rusak, pihaknya telah mengajukan ke KPU RI, kerusakan tersebut tak lebih dari 1 persen.

“Kebutuhan surat suara kita kan 1.21681 lembar dan itu yang rusaknya hanya sekitar 6 ribuan. Kebutuhan tersebut telah diajukan ke KPU RI tinggal tunggu kedatangan,” pungkasnya. (NV)

 

Editor:NZ