NewsPolitik

Pj Gubernur Pimpin Ratusan ASN dan Pelajar di Sultra Dalam Gelaran Deklarasi Damai Pemilu 2024

191
×

Pj Gubernur Pimpin Ratusan ASN dan Pelajar di Sultra Dalam Gelaran Deklarasi Damai Pemilu 2024

Share this article

TERAMEDIA.ID, KOTA KENDARI – Andap Budhi Revianto Penjabat (Pj.) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) memimpin ratusan aparatur sipil negara (ASN) dan pelajar dalam gelaran deklarasi damai menyambut pemilu tahun 2024 mendatang.

Dalam deklarasi tersebut yang dinaungi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, para aparatur sipil negara (ASN) diimbau untuk tidak terlibat dalam politik praktis.

Andap Budhi Revianto menuturkan, Apresiasi besar untuk langkah Dikbud Sultra yang menggelar deklarasi pemilu damai 2024 di lingkup ASN itu. dengan deklarasi tersebut, ia berharap agar para ASN benar-benar menjaga netralitas selama pemilu berlangsung dan tidak melakukan intervensi terhadap pelajar yang akan menyalurkan hak-hak politik mereka.

“Kita tahu, sebagian besar pemilih di daerah kita adalah generasi milenial, jangan sampai ada yang mengintervensi dan memaksa. Mari kita laksanakan pesta demokrasi ini dengan sebaik-baiknya,” tuturnya, Selasa (7/11/2023).

Dalam kesempatan yang sama, Kadis Dikbud Sultra, Yusmin mengungkapkan, pemilu 2024 merupakan pesta demokrasi yang dinanti-nantikan oleh seluruh masyarakat. Untuk menyukseskan pesta rakyat lima tahunan itu, ASN di Sultra harus bersinergis dalam mendukung kontestasi demokrasi agar bisa berjalan aman dan lancar.

Bentuk dukungan dan sinergitas yang bisa diberikan oleh ASN guna berjalannya pemilu yang Luber (Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia) dan Jurdil (Jujur dan Adil). Menurut Yusmin, dengan cara tidak mengintervensi para pejabat lingkup Dikbud Sultra, pelajar maupun masyarakat sekitar lainnya selama mereka menyalurkan hak-hak politik.

Apabila ada ASN di lingkup Dikbud Sultra yang berani melanggar aturan atau melakukan intervensi saat Pemilu 2024 yang nantinya berlangsung, maka ia tak akan segan-segan memberikan sanksi tegas.

“Kita hadirkan para kepala sekolah di sini agar mereka tidak mengarahkan guru-guru dan pelajar kita saat pemilihan nanti. Kalau itu ketahuan, kita akan sanksi tegas sesuai aturan yang berlaku,” Ujar Yusmin.

Yusmin menambahkan, deklarasi damai menyambut pemilu 2024 itu dilakukan sebagai bentuk keseriusan mereka dalam membantu Pemprov Sultra dan instansi-instansi terkait lainnya menciptakan suasana demokrasi yang kondusif.

“Tentunya ini semua terselenggara karena dukungan dari Pj. Gubernur Sultra, Pak Andap Budhi Revianto. Terima kasih kepada beliau sebab tak henti-henti mendukung setiap kegiatan yang kami lakukan,”pungkasnya.*(DW)