NewsMetro

Penuh Haru, Sambut Kepulangan Ratusan Jemaah Haji Kloter 24 Asal Sultra

73
×

Penuh Haru, Sambut Kepulangan Ratusan Jemaah Haji Kloter 24 Asal Sultra

Share this article

TERAMEDIA.ID, KOTA KENDARI- Penuh haru, Jemaah haji asal Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akhirnya tiba dengan selamat di Kota Kendari, Minggu (23/7/2023).

Kedatangan jemaah haji Kota Kendari yang tergabung dalam kloter 24 itu dijemput langsung oleh Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sultra, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra, dan Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari di Bandara Halu Oleo, Konawe Selatan (Konsel).

Usai penjemputan, ratusan jemaah haji itu langsung bertolak ke Asrama Haji Kota Kendari untuk kemudian diserahkan kepada keluarga masing-masing.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Asrun Lio mengatakan meskipun sebagai panitia haji daerah (PHD) dan Sekda dirinya juga melaksanakan semua rangkaian ibadah haji sama seperti jemaah haji lainnya.

“Sekda itu hanya status jabatan, tetapi kita sebagai jemaah, peserta dan juga kita bertugas sebagai petugas haji tentu ini berat karena kita membawa jemaah-jemaah yang usianya lansia. Dimana diusia ini banyak yang membutuhkan bantuan terkait dengan pelaksanaan ibadah maupun bantuan fisik yang lain,” bebernya.

“Tapi Alhamdulillah ibadah haji ini kita laksanakan dengan baik. Kita panjatkan selalu atas bimbingan, hidayah, dan petunjuk-petunjuk Allah SWT sehingga semua jemaah kembali dalam kondisi baik, sehat,” jelasnya menambahkan.

Sementara, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sultra Muhamad Saleh mengatakan jemaah haji Provinsi Sultra yang tergabung di kloter 24 UPG Makassar berjumlah 393 orang, 385 diantaranya jemaah haji dan 8 orang lainnya merupakan petugas.

“Alhamdulillah telah tiba di Kota Kendari dengan selamat dan kloter 24 yang berjumlah 393 utuh. Oleh karena itu kita patut bersyukur,” ungkapnya.

Tak lupa dirinya menyampaikan terima kasih kepada seluruh petugas haji di kloter 24 yang telah melakukan pendampingan dari awal pemberangkatan hingga kembali pulang ke daerah Provinsi Sultra, khususnya di Kota Kendari.

“Kita berharap mudah-mudahan jemaah haji kita bisa menjadi haji mabrur,” harapnya.

Ia juga menyampaikan, untuk hari ini terdapat tiga penerbangan. Untuk flight pertama dan kedua adalah utuh jemaah haji Kota Kendari yang tergabung di kloter 24.

“Kemudian di flight terakhir itu sudah mulai gabungan,” katanya.

Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan tepat pukul 12.20 wita pihaknya bersama pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menerima secara resmi jemaah haji Kota Kendari yang tergabung dalam kloter 24.

“Jemaah haji tiba di Kendari dalam keadaan selamat dan patut disyukuri, bahwa kloter 24 ini murni seluruhnya masyarakat Kota Kendari dengan jumlah 393 orang, kembali dengan utuh,” bilangnya.

“Alhamdulillah komplit, selamat datang selamat kembali di Kota Kendari selamat bertemu dengan keluarga besar doa kami semoga menjadi jemaah haji yang mabrur, jemaah haji yang menjadi teladan memberikan contoh bagi warga Kota Kendari. Banyak selamat kepada seluruh jamaah haji asal Kota Kendari yang tergabung dalam kloter 24 dan 25 termasuk kloter tambahan,” sambungnya.

Reporter : Novi