NewsMetro

HUT-78 TNI, Danrem 143/HO: Kami Tetap Menjaga Netralitas Jelang Pemilu 2024

94
×

HUT-78 TNI, Danrem 143/HO: Kami Tetap Menjaga Netralitas Jelang Pemilu 2024

Share this article

TERAMEDIA.ID, KOTA KENDARI – Komandan Korem (Danrem) 143/HO Kolonel Inf Ayub Akbar menegaskan bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) tidak akan berpihak pada satu kelompok atau golongan manapun dan selalu menjaga Netralitas Jelang Pemilu tahun 2024 mendatang

Hal itu ia sampaikan usai peringatan HUT TNI ke 78, yang dihadiri oleh stakeholder baik eksekutif maupun legislatif, di Eks MTQ, Kota Kendari, Kamis (5/10/2023).

Danrem 143/HO, Kolonel Inf Ayub Akbar menjelaskan, netralitas tersebut bukan sekedar perintah komando atas, namun juga wujud profesionalisme militer di tengah berjalannya tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Saya diperintah dari komando atas bahwa kita Netral, tidak berpihak pada satu golongan sebabnya Netralitas tetap kita pegang teguh,” tegas Danrem.

Guna suksesi Pemilu tahun 2024, Danrem 143/HO Kolonel Inf Ayub Akbar, akan menerjunkan tiga ribu prajurit guna membantu pengamanan jalannya pesta demokrasi.

“Mulai dari darat, laut dan udara, semua berjumlah kurang lebih tiga ribu personil, dan juga nanti ada pasukan cadangan yang kami siapkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan,” bebernya.

Menurutnya, pihaknya telah melakukan pemetaan daerah dengan potensi konflik dan melakukan langkah-langkah antisipasi juga koordinasi.

“Menjawab permintaan KPU yang lalu, kami telah melakukan pemetaan daerah yang ada di Sulawesi Tenggara dengan potensi konflik dan melakukan tindakan pencegahan. Semua berjalan lancar,” ujarnya.

“Kami baik dari darat, laut, udara, telah melakukan persiapan guna mengamankan jalannya Pillres, pileg, dan pilkada nantinya,” tambahnya.*(ST)