NewsBencana / Kecelakaan

Satu ABK Hilang Usai Dua Kapal Bertabrakan di Perairan Tanjung Pemali Buton

179
×

Satu ABK Hilang Usai Dua Kapal Bertabrakan di Perairan Tanjung Pemali Buton

Share this article

TERAMEDIA.ID, KENDARI – Seorang Anak Buah Kapal (ABK) KM Sumber Rejeki 03 diduga terjatuh ke laut usai kecelakaan kapal di perairan Tanjung Pemali Kabupaten Buton Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (21/10/2023).

Kecelakaan kapal itu menimpa KM Sumber Rejeki 03 yang bertabrakan dengan MV Sami, pada pukul 3.00 Wita malam tadi. Korban bernama, Doni berumur 35 tahun merupakan Warga Kecamatan Binongko Kabupaten Wakatobi.

Insiden kecelakaan itu membuat korban terpisah dari rekan-rekan KM Sumber Rejeki 03, dan membuat kapal tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah.

“Berdasarkan laporan tersebut, pada pukul 05.45 Wita, Tim Rescue Pos SAR Baubau diberangkatkan menuju LKK dengan menggunakan RIB untuk memberikan bantuan SAR,” ungkap Kepala KPP Basarnas Kendari, Muahmmad Arafah.

Tim yang diberangkatkan menuju Lokasi Kejadian Kecelakaan menempuh jarak
sekitar 28 Mil Laut dari pelabuhan Murhum Baubau.

Muhammad Arafah melalui Humas Basarnas Kendari, Wahyudin, menerangkan, KM Sumber Rejeki 03 sedang melakukan perjalanan dari Binongko menuju Baubau dan memuat 6 orang ABK. Sedangkan, kapal MV Sami memuat 25 orang sedang dalam perjalanan dari Banjarmasin menuju Maluku Utara.

“Akibat dari kejadian tabrakan tersebut salah seorang ABK dari KM Sumber Rejeki 03 tidak berada dikapal pada saat pengecekan dan diduga korban terjatuh ke laut mengingat kondisi kapal KM Sumber Rejeki 03 mengalami kerusakan yang parah akibat tabrakan tersebut,” tutupnya.

Tim SAR hingga saat ini masih melakukan pencarian untuk menemukan petunjuk keberadaan korban.*(ST).