PariwisataNews

Pertama Kali Berpartisipasi di STK Tahun 2023, Kolut Sabet Terbaik Tiga Karnaval Tenun

287
×

Pertama Kali Berpartisipasi di STK Tahun 2023, Kolut Sabet Terbaik Tiga Karnaval Tenun

Share this article

TERAMEDIA.ID, KENDARI – Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) meraih Tiga terbaik dalam Karnaval Tenun tingkat Kabupaten/Kota pada pagelaran Festival Sultra Tenun Karnaval yang diselenggarakan Dinas Pariwisata, di ex MTQ, Minggu, 2 Desember 2023 lalu.

Raihan tiga terbaik bagi Kolaka Utara terasa spesial karena Kabupaten ini baru pertama kali hadir dalam event tahunan Dinas Pariwisata Sultra.

Ketua Dekranasda Kolaka Utara, Nina Harini Yuniarti menyampaikan, mewakili masyarakat Kolaka Utara berbahagia dan bersyukur atas raihan terbaik ketiga dalam Karnaval Tenun Kabupaten/kota.

Dirinya menjelaskan,tim dekranasda mempersiapkan diri selama tiga bulan pada keikutsertaan dalam Festival Sultra Tenun Karnaval tahun 2023.

Tim dekranasda menampilkan 6 motif tenunan terbaru dan mengangkat kisah rakyat sejarah hadirnya danau biru di kabupaten Kolaka Utara.

Saat ini, danau biru menjadi salah satu destinasi wisata yang dimiliki oleh kabupaten Kolaka Utara.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur atas raihan pada festival Sultra Tenun Karnaval tahun 2023, ini tidak terlepas dari dukungan Pj Bupati Kolaka Utara, Sekda dan OPD yang ada di Kolaka Utara,” ujarnya saat ditemui dimess Kolaka Utara, MTQ Kota Kendari, Senin (3/11/2023).

Pada bulan Oktober lalu, Dekranasda Kolaka Utara melakukan seminar motif, dan menghasilkan 6 motif baru.

Enam motif tersebut kemudian ditampilkan pada pagelaran Sultra Tenun Karnaval, dengan berbagai antraksi penampilan yang mengupas sejarah Kolaka Utara, serta Danau Biru.

Guna melanjutkan raihan ini, dirinya mempersiapkan beberapa agenda tahunan kedepan guna melanjutkan keikutsertaan pada event ekraf serta mempromosikan Tenunan khas Kolaka Utara di Sultra maupun kanca Nasional.

“Bulan 1 ada Hut Kolaka Utara, kita sudah mempersiapkan untuk tenunan yang akan dikenakan oleh Pj Bupati, Sekda dan Ibu, OPD, hingga camat. Keenam motif tenunan yang baru juga akan ditampilkan,” ujarnya.

“Lanjut pada bulan Februari atau Maret kami akan mengikuti Indonesian Fashion Week di Jakarta serta keikutsertaan kami pula pada Juli atau Agustus untuk Jember Festival Internasional,” pungkasnya.*(ST).