NewsDaerahPariwisata

Parade 1000 perahu Suku Bajo, dan Tradisi Sangal Ramaikan Event SeaBRnet ke-15 di Kabupaten Wakatobi

1653
×

Parade 1000 perahu Suku Bajo, dan Tradisi Sangal Ramaikan Event SeaBRnet ke-15 di Kabupaten Wakatobi

Share this article

TERAMEDIDA.ID, WAKATOBI – Konferensi Internasional Perhimpunan Cagar Biosfer Asia Tenggara atau Southeast Asian Biosphere Reserves Network (SeaBRnet) ke-15 di Kabupaten Wakatobi dimeriahkan dengan sejumlah kegiatan, salah satunya hadirnya ribuan perahu suku Bajo wakatobi (1/5/2025).

Para peserta konfrensi SeaBRnet ke 15 kali ini dihibur dengan atrkasi budaya suku bajo di wakatobi, beragam hiasan perahu masyarakat dan tradisi budaya menambah semaraknya parade 1000 perahu kali ini.

Menurt salah seorang warga Bajo Waktobi Boy Darwis mengatakan, bahwa kegiatan ini tidak hanya parade 1000 perahu, namun ada beberapa tradisi adat suku bajo juga ditampilkan dihadapan peserta konfrensi.

” ditengah parade 1000 perahu ada tarian duata, tarian mbo pumpeh, tarian palibuang, tarian pongko, pencak silat, bedak pupur suku bajo, pertunjukan lilligo dan iko-iko, musik gambus seluruhnya dilakukan di atas laut ” ujar Boy yang juga merupakan aparat Desa Bajo.

Selain ini atraksi budaya lainnya dari suku bjao yang ditampilkan dikegiatan ini yaitu, penampilan anak nelayan yang sedang memancing ikan dilaut dari sekolah bajalan serta permainan bubuayaang tradisi ini akan di tampilkan di atas perahu.

Di kegiatan ini juga dilakukan deklarasi suku bajo wakatobi, kegiatan ini juga dihadiri oleh bupati wakatobi,direktorat perkembangan dan pemanfaatan kebudayaan kemendikbudristek,forkopimda,tokoh bajau(presiden suku bajau) camat,kades se-mola raya,tokoh adat dan tokoh agama.

pada parade 1000 perahu juga dilaksanakan tradisi sangal yaitu sebagai tradisi dari leluhur untuk memberi sedekah kepada penjaga laut, hal ini di percayai oleh masyarakat suku bajau bahwa laut telah banyak memberi rezeki dan kahidupan sehingga mereka melepas sebagian hasil yang memereka peroleh ke laut, dengan harapan bisa mendapatkan rezeki yang lebih banyak lagi.

parade 1000 perahu gambaran kehidupan suku bajau yang tinggal di atas perahu dan sebagai komitmen masyarakat suku bajau bahwa laut merupakan kehidupan,laut dan mereka merupakan satu kesatuan yang tidak bisa terpisahkan. Bahkan sebagian dari tarian tradisi suku bajau yang di tampilkan oleh anak-anak suku bajau merupakan sebuah gambaran peristiwa yang nyata terjadi di dalam kehidupan suku bajau yang ditampilkan dalam berbagai tarian. (AN)

 

Editor:NZ