NewsMetroPariwisata

Kebun Raya Kendari Tawarkan Wisata Alam Bernuansa Edukasi, Konservasi dan Bahan Penelitian

78
×

Kebun Raya Kendari Tawarkan Wisata Alam Bernuansa Edukasi, Konservasi dan Bahan Penelitian

Share this article

TERAMEDIA.ID,KOTA KENDARI- Kebun Raya Kendari merupakan salah satu tempat wisata di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang menyuguhkan pemandangan alam dengan beragam koleksi tanaman.

Letaknya tak begitu jauh dari pusat kota, yaitu berada di jalan Kebun Raya Nanga-Naga, Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari.

Pengelola Kebun Raya Kendari, Darto mengatakan perawatan tempat wisata ini dilakukan setiap hari, mulai dari pembersihan, pemangkasan hingga perawatan tanaman dibawah koordinasi Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari.

Selain mengoleksi beragama tanaman hias, di lokasi seluas 113 hektare ini juga dilengkapi gezebo, toilet, musala, villa, rumah anggrek, kantin, parkiran yang luas hingga spot foto yang keren dengan biaya masuk untuk roda dua sebesar Rp 15 ribu.

“Kebun Raya Kendari menawarkan konservasi, pendidikan, penelitian, jasa lingkungan dan wisata,” ungkap Darto, Minggu (5/5/2024).

Darlo menilai, Kebun Raya Kendari masih perlu banyak pembenahan. Seperti penambahan unit gazebo dan fasilitas lainnya yang dirasa masih kurang, kemudian kesadaran pengunjung untuk membuang sampah pada tempatnya.

“Itu dari pihak Kebun Raya masih mengajukan untuk anggarannya. Kemudian untuk kalinya mungkin dari Pemerintah Kotah bisa ditata kembali dan bisa ditambah kolam untuk kembali menarik minat pengunjung untuk datang di sini,” terangnya.

Darto menambahkan, kebanyakan para pengunjung datang pada hari Sabtu dan Minggu untuk menghabiskan akhir perkan di tempat ini. (NV)

 

Editor:NZ