NewsMetroPendidikan

Kampus Biru IAIN Kendari Sediakan Program Beasiswa Bagi Maba 2024

253
×

Kampus Biru IAIN Kendari Sediakan Program Beasiswa Bagi Maba 2024

Share this article

TERAMEDIA.ID, KENDARI – Institut Agama Islam (IAIN) Kendari menyediakan 7 program beasiswa bagi mahasiswa baru tahun 2024. Bantuan pendidikan ini disediakan oleh kampus untuk para pendaftar baru.

Rektor IAIN Kendari, Prof Husain Insawan mengatakan, beasiswa tersebut disediakan baik dari kampus maupun kerja sama dengan beberapa instansi di Sultra dan pemerintah daerah (Pemda) yang diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa.

“Program beasiswa tersebut di antaranya Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Bank Indonesia (BI), Beasiswa Tahfiz Qur’an, Beasiswa Cahaya Pintar PLN, Beasiswa Prodi Keislaman, Beasiswa Prestasi, dan Beasiswa Pemda yaitu Pemerintah provinsi Sultra, Konawe Kepulauan, Konawe Selatan, Bombana, Konawe Utara, Wakatobi, dan Kolaka Timur,” katanya, saat dikonfirmasi Minggu, (21/4/2024).

Selanjutnya, Husain Insawan menyampaikan untuk para calon mahasiswa tidak ragu menimba ilmu di kampus almamater biru tersebut. Pasalnya, melalui bantuan pendidikan itu dapat menjadi solusi bagi peserta didik yang menempuh jalur pendidikan strata satu (S1).

Kemudian, biaya perkuliahan di IAIN Kendari katanya tergolong cukup rendah mencapai Rp400 ribu dan yang paling maksimal mencapai Rp2.400.000.

Selain biaya kuliah yang tergolong rendah, Husain juga tidak memungut uang pangkal yaitu biaya masuk perkuliahan yang dibayar satu kali diawal kuliah atau sering disebut biaya sumbangan pengembangan institusi.

“Semoga dengan adanya program beasiswa tersebut para calon mahasiswa baru menetapkan hati memilih IAIN Kendari sebagai destinasi kuliah mereka,” katanya berharap.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Akademik, Sakri mengatakan, IAIN Kendari siap menampung sebanyak 2.000 mahasiswa baru dari tiga jalur penerimaan.

Tiga jalur penerimaan antara lain melalui Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), dan Ujian Mandiri Lokal Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UML-PTKIN).

“Tercatat sudah 479 calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus melalui jalur SPAN-PTKIN, dan saat ini IAIN Kendari buka pendaftaran jalur UM-PTKIN 17 April – 19 Juni 2024. Segera daftarkan dirimu di kampus IAIN Kendari banyak program beasiswa yang disediakan dan biaya perkuliahannya tergolong cukup rendah,” kata Sakri. *(ST).

 

Editor : NZ