NewsHeadlinePariwisata

Dispar Sultra Tutup Tahun 2023 dengan Prestasi

327
×

Dispar Sultra Tutup Tahun 2023 dengan Prestasi

Share this article

TERAMEDIA.ID, KENDARI – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Sulawesi Tenggara (Sultra) tutup tahun 2023 dengan prestasi.

Raihan tersebut diraih oleh Dinas yang dinakhodai oleh Belli ini antara lain, Desa Wisata Sani-sani kabupaten Kolaka meraih predikat 75 Desa wisata terbaik di Indonesia.

Tak hanya itu, ditahun 2023 desa wisata Labengki berhasil menduduki peringkat ke enam desa wisata terbaik se-Indonesia dari kementerian Desa.

Sedangkan Desa wisata Kulati Kabupaten Wakatobi berhasil meraih juara satu kampanye sadar wisata 5.0 yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf RI.

Selanjutnya, memasuki penghujung tahun, Dispar Sultra berhasil meraih tiga penghargaan dalam Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia yang diadakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) Republik Indonesia.

Ketiga penghargaan itu antara lain, Provinsi terbaik BBWI Tingkat Nasional, Juara satu Provinsi terbaik dalam implementasi strategi kebijakan Pemda, dan Provinsi terbaik BBWI untuk kawasan Sulawesi Maluku Papua.

Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara, Belli saat ditemui awak media dikantor Gubernur usai giat rilis akhir tahun pemprov Sultra mengatakan, tak hanya raihan prestasi desa wisata, beberapa event Dispar Sultra di tahun 2023 masuk dalam kharisma event nasional dan masuk jajaran 100 event terbaik se-Indonesia.

“Ada event Wakatobi Wave, festival kande-kandea di Buton Tengah yang masuk 110 event terbaik se-Indonesia,” ujarnya, Minggu (31/12/2023).

Lebih lanjut, Belli menyampaikan beberapa indikator capaian dari kinerja juga berhasil dilewati salah satunya adalah target wisatawan nusantara dari Kemenkomarves sebanyak 6,6 juta pergerakan wisata berhasil dilewati.

Selain itu, Pendapat Asli Daerah (PAD) melalui dua sumber yang dikelola oleh Dispar juga melewati target di tahun 2023.

“Tahun depan kita harapkan pencapaian kita akan semakin baik, dan kami berkomitmen beberapa kawasan untuk diusulkan menjadi kawasan geopark,” harapnya.

“Sedang dalam pengurusan, alhamdulillah Pj Gubernur merespon cepat dan kami sedang dalam proses persiapan berkas yang dibutuhkan, InsyaAllah tahun 2024 ini menjadi prioritas,” pungkasnya. *(ST).