NewsMetro

Dinsos Kota Kendari, Sultra Bakal Bangun Rumah Singgah untuk Anjal dan Gepeng

88
×

Dinsos Kota Kendari, Sultra Bakal Bangun Rumah Singgah untuk Anjal dan Gepeng

Share this article

TERAMEDIA.ID,KOTA KENDARI- Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) berencana akan membangun rumah singgah atau rumah rehabilitasi yang diperuntukan untuk menampung anak jalanan (Anjal) gelandangan dan pengemis (gepeng) pada 2024 ini.

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial (Resos) Dinsos Kota Kendari, Sabri mengatakan rumah singgah tersebut telah dianggarkan dan nantinya akan dikelola oleh bidang Resos.

Selain sebagai tempat persinggahan, pihaknya juga berharap ditempat ini para Gepeng dan Anjal bisa mendapatkan bekal keterampilan.

“Paling tidak kami bisa memberikan keterampilan terutama edukasi, bagaimana kita harus berjuang dan bertahan hidup dan mendapatkan pendidikan,” ungkap Sabri, Kamis (25/4/2024).

Meskipun telah berulang kali ditertibkan oleh petugas kata Sabri, namun sebagian besar dari Anjal dan Gepeng ini masih tetap kembali kejalan.

Olehnya Sabri menyebut, permasalahan Anjal dan Gepeng di Kota Kendari ini harus diselesaikan secara bersama, terlebih Kota Kendari sendiri merupakan Ibu Kota Provinsi Sultra dimana mencerminkan Kota yang bersih, sehat serta bebas dari Anjal dan Gepeng.

“Kita tidak boleh melihat mereka sebagai beban negara, tetapi bagaimana caranya kita menjadikan mereka sebagai sumber daya, bagaimana mereka diberikan keterampilan yang dapat bernilai ekonomi baik bagi diri mereka sendiri maupun daerah,” katanya. (NV)

 

Editor:NZ