NewsDaerahVideo

MENPAN-RB ; MPP Bombana Bukti Kongkrit Bupati Dan Jajaran Atas Komitmen Pelayanan Maksimal Untuk Masyarakat

347
×

MENPAN-RB ; MPP Bombana Bukti Kongkrit Bupati Dan Jajaran Atas Komitmen Pelayanan Maksimal Untuk Masyarakat

Share this article

 

TERAMEDIA.ID, KAB.BOMBANA – Dalam rangka menyediakan pelayanan yang cepat, mudah, terjangkau, aman dan nyaman bagi masyarakat dan pelaku usaha, serta meningkatkan daya saing global hingga membentuk Aparatur Sipil Negara (ASN) modern yang memiliki pola pikir untuk berkinerja tinggi, untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik, Kabupaten Bombana resmi menghadirkan Mal Pelayanan Publik (MPP) pertama di Sulawesi Tenggara dan yang ke 45 di Indonesia. (14/10/2021).

Bertempat di Gedung Mal Pelayanan Publik Kabupaten Bombana, Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA. Selaku Deputi Bidang Pelayanan Publik, mewakili Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (panrb) meresmikan langsung Mal pelayanan Publik Kabupaten Bombana didampingi Bupati Bombana, Sekda Provinsi Sultra, Ketua Ombudsman Sultra, Kepala PTSP Bombana dan anggota DPD RI Perwakilan Sultra.

Mastri Susilo selaku Kepala Perwakilan Ombudsman Sultra dalam sambutannya memaparkan jika hadirnya MPP Bombana ini, sebagai bentuk legesi bupati bombana untuk pelayanan yang lebih maksimal bagi masyarakatnya.

” 2 tahun berturut-turut 2017 hingga 2018, hasil penilaian Obudsman terkait dengan Survey Kepatuhan di Kabupaten Bombana mendapat nilai merah. Artinya pelayanan publik di Bombana kala itu dalam kondisi yang buruk. Namun atas atensi bupati visi bupati yang kemudian dijalankan dengan lebih baik, akhirnya 2019 Bombana masuk 10 Besar terbaik se-Indonesia terkait Survey Kepatuhan yang di lakukan Ombudsman. Dan tahun berikutnya 2020 dengan mulai dirintis Mal Pelayanan Publik, kinerja pelayanan publik di Bombana semakin meningkat, dan ini sebagai bentuk Legesi Bupati untuk Kepuasan Layanan Publik bagi Masyarakat Bombana khususnya “, Ucap Mastri dalam sambutannya.

Sementara itu Bupati bombana H.Tafdil. SE.MM mengakui, penginisiasian Mal Pelayanan Publik justru hadir ditengah indonesia dan Sultra khususnya Bombana dalam kondisi kritis menghadapi awal-awal Pandemi Covid-19. Namun semua ini demi Layanan masyarakat yang lebih maksimal dari sebelumnya.

” Jadi sebelum MPP ini hadir, sebelumnya pelayanan publik sudah kami lakukan semaksimal mungkin dan hari demi hari ada perbaikan. Namun dengan hadirnya Mal Pelayanan publik tentu ini akan memberi layanan yang lebih maksimal sesuai dengan tujuan pembangunan MPP ini, sejumlah investor sudah kita arahkan untuk segera lakukan pengurusan di MPP dan mereka akan segera menikmati layanan pengurusan izin yang lebih cepat, dan tentu kedepan kita tetap akan mengevaluasi ini semua sebelum dan sesudah, untuk perbaikan kedepannya dan pengembangan inovasi selanjutnya “, jawab Tafdil saat ditanya awak media.

Disisi lain Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN-RB Bapak Tjahjo Kumolodalam sambutannya yang dibacakan oleh Deputi Pelayanan Publik PAN-RB Ibu Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA mengapresiasi hadirnya MPP di Bombana

“saat pertama mendengar akan hadirnya MPP di Kabupaten Bombana sebagai MPP Pertama di Sulawesi Tenggara, saya sangatlah Antusias. Ini menjadi bukti nyata Komitmen Bupati Bombana dan jajaran untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat Bombana “, ucap Diah Natalisa saat bacakan sambutan MENPAN-RB.

Gubernur Sulawesi Tenggara dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Prov.Sultra Ibu Dr. Hj. Nur Endang Abbas, SE., M.Si, menyampaikan apresiasi atas kinerja Bupati Bombana

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, memberikan apresiasi kepada BUpati Bombana dan jajaran atas peresmian Mal Pelayanan Publik Pertama di Sulawesi Tenggara. Kami sangat berbangga kepada Pemda Bombana atas komitmennya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Dan ini menjadi bagian dari Grand Desain Reformasi Birokrasi yang salah satunya terkait peningkatan kualitas Pelayanan Publik “, Sambutan Gubernur yang dibacakan oleh Sekda Sultra.

Sejalan dengan Sekda Sulta Hj. Andi Nirwana S,S.P., M.M, juga akan menyamapaikan kepada komisi 1 DPD RI terkait pelayanan publik ini tentang bagaimana kabupaten bombana serius dalam pelayanan publik, dan berharap pemerintah pusat cepat dalam merespon aspirasi masyarakat di tingkat daerah khususnya kabupaten bombana.

Dalam peresmian Mal Pelayanan Publik Kabupaten Bombana ini juga dihadiri sejumlah pejabat pemerintahan daerah kabupaten dan kota se Sulawesi Tenggara, kepala PTSP sejumlah Kabupaten/Kota di Sultra dan Forkopimda Kabupaten Bombana.

Ahmad NIzar/teramedia.id