NewsNasionalPariwisata

ADWI 2024 Target 6 Ribu Peserta, Program Pendukungan Usaha Pariwisata Bagi Para Pemenang Telah Berjalan

355
×

ADWI 2024 Target 6 Ribu Peserta, Program Pendukungan Usaha Pariwisata Bagi Para Pemenang Telah Berjalan

Share this article

TERAMEDIA.ID, JAKARTA – Kemeriahan malam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 membuat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia (RI) Sandiaga Uno cukup terharu dengan lahirnya semangat bersama dari seluruh elemen dalam mendukung program ini yang telah memasuki tahun ke 3.

Keharuan Sandiaga uno di ucapkan langsung saat memberikan sambutan di Malam Penganugerahan ADWI 2023 (27/8/2023).

” Saya merasakan semangat bersama, konsistensi semangat membangun yang sama besarnya baik dari pengelola, pemerintah desa, masyarakat, hingga para pimpinan daerah kabupaten/kota dan Provinsi di seluruh wilayah indonesia. Semakin yakin bahwa bukan indonesia yang membangun desa, tetapi dari Desalah kita bisa membangun indonesia. Inilah yang mendasari bahwa Desa Wisata Indonesia sudah siap untuk mendunia.” ucap Sandi

Lanjut Sandi, Desa Wisata bukan hanya program pemerintah, namun ini perjalanan spiritual bersama. 3 tahun bersama-sama berjuang bangkitkan ekonomi dari desa, bersama masyarakat desa yang semangatnya sungguha luar biasa.

3 tahun perjalanan mendorong kebangkitan desa wisata bukan hal yang mudah, awalnya di tahun 2021 banyak pihak yang meragukan. Banyak yang pesimis jika langkah program desa wisata tepat atau tidak, sebab saat memulai dunia sedang melemah akbiat pandemi covid 19, ekonomi menjadi sulit, kesempatan/peluang terjepit, dan masyarakat menjadi terdampak.

Namun dengan tekad kuat, kobaran semangat program ini tetap dijalankan. Semangat pentang menyerah para penggiat desa wisata di pelosok nusantara mampu bangkit mendorong pergerakan ekonomi yang lumpuh perlahan merangkak .

Tidak disangka antusiasme pelaku desa wisata yang masuk dalam jejaring desa wisata setiap tahun terus bertambah. Tahun 2021 ada 1.831 Desa Wisata, 202 ada 3.419 Desa Wisata dan tahun 2023 ada 4.573 Desa Wisata dan setiap tahunnya melebih angka target.

” Tahun depan jika ADWI masih ekssis, maka kita akan pastikan bahwa target dari desa wisata yang tergabung dalam jaringan desa wisata bisa diangka 6.000 desa wisata seluruh indonesia. ini merupakan komitmen kemenparekraf demi kemajuan bangsa indonesia di masa depan. Dengan inovasi, adaptasi dan kolaborasi dari seluruh unsur pentahelix pariwisata untuk memaksimalkan semua potensi. Berharap desa wisata menjadi garda terdepan dalam menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024.Tahun ini kemenparekraf telah meluncurkan dana untuk pendukungan usaha pariwisata di masing-masing desa wisata yang menang di ajang ADWI.” Tutup Sandi. **(Red)