NewsDaerahPendidikan

Sejumlah Program Kerja Siap di Jalankan Mahasiswa KKN MBKM – MD FISIP UHO 2024 BATCH 1 di Desa Waworaha

287
×

Sejumlah Program Kerja Siap di Jalankan Mahasiswa KKN MBKM – MD FISIP UHO 2024 BATCH 1 di Desa Waworaha

Share this article
Mahasiswa KKN MBKM - MD FISIP UHO 2024 BATCH 1 di Desa Waworaha (tengah Baju Putih, Kades Waworaha, Kanan Dosen Pendamping Lapangan )

TERAMEDIA.ID, KONAWE – Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) Universitas Haluoleo (UHO) kembali menjalankan program KKN Merdeka Belajar Kampus Merdeka Mengabdi (MBKM-MD) 2024 yang terdiri dari Jurusan Ilmu Komunikasi, Perpustakaan dan Ilmu Informasi.

Kali ini KKN BKMM-MD FISIP UHO 2024 Batch 1, ditempatkan di Desa Waworaha, Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe. Gilang Barga Moreno selaku koordinator desa dari KKN MBKM Desa Waworaha mengungkapkan bahwa selama 3 Bulan mereka akan melakukan pengabdian masyarakat dengan berbagai program kerja yang telah mereka siapkan

” kita di sini berjumlah 18 orang yang dimana terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu dari fakultas FISIP, yaitu jurusan ilmu komunikasi dan juga perpustakaan dan ilmu informasi. Kemudian kita juga beranggotakan 10 orang laki-laki dan juga 8 orang perempuan. kami di sini punya 2 dosen pendamping, yaitu Pak Cecep Ibrahim dan Bu Rifi Handayani. Ada beberapa program kerja yang telah kami rancang bersama-sama, bersama kelompok dan juga konsultasi (1:41) dengan DPL, jadi ada yaitu pertama mengenai (1:45) tentang pelatihan pustakawan sekolah. Kemudian ada juga pelatihan penulisan , pembuatan pojok baca, pelatihan public speaking ,pelatihan skill editing, Kampanye publik anti hoax,penyuluhan internet aman, sosialisasi mengenai sampah organik dan onorganik” ujar Gilang saya dihubungi (08/3/2024).

Kehadiran mahasisa KKN MBKM_MD FISIP UHO ini disambut baik oleh pemerintah Desa Waworaha. Saat dihubungi Kepala Desa Wowaraha Samsidin mengungkapkan terima kasih atas kepercayaan UHO khususnya fakultas fisip untuk memilih waworaha sebagai lokasi KKN.

” Kami berharap mahasiswa ini bisa benar-benar melakukan pengambdian terhadpa masyarakat, dapat berbaur dan mengimplementasikan ilmu mereka serta bisa berisnergi dengan warga kami dalam proses KKN selaam 3 bulan kedepan. Diharapkan pula kedepan program yang di bawah ke masyarakat dapat berjalan secara efektif, sehingga kepercayaan masyarakat dapat terbuka atas sinergitas membanguna pengetahuan bersama melalui dunia pendidikan yang diemban oleh mahasiswa ” ujar Samsidin.

Beberapa mata kuliah dari mahasiswa KKN kali ini akan terkonversi dari program kerja yang mereka jalanan dilapangan, dan beberapa program kerja juga diluar dari mata kuliah contohnya kegiatan sosial keagamaan di bulan suci ramadhan seperti Festival Ramadhan.*(AN)

Editor:NZ