NewsMetroPariwisata

Pimpin Dispar Kota Kendari, Riza Ibrahim Harap Terjadi Akselerasi Fisik dan Non Fisik Pengembangan Pariwisata Kota Kendari

1406
×

Pimpin Dispar Kota Kendari, Riza Ibrahim Harap Terjadi Akselerasi Fisik dan Non Fisik Pengembangan Pariwisata Kota Kendari

Share this article

TERAMEDIA.ID, KOTA KENDARI – Perkembangan Kota Kendari selain fasilitas publik, juga salah satu sektor yang terlihat cukup menambah warna baru kota kendari belakangan ini adalah pembangunan infrastruktur pendukung kepariwisataan. Namun jika menelisik pengembangan kepariwisataan seiring sejalan harus terjadi penguatan pada 2 lini yaitu fisik dan Sumber Daya Manusianya.

Inilah yang menjadi salah satu konsep pengembangan kepariwisataan Kota Kendari dari prespektif Riza Ibrahim selaku Pelakasana Tugas Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Kendari.

Riza mengungkapkan sehubungan dengan gencarnya Pemerintah Kota Kendari membangun fasilitas penunjang pariwisata maka kami juga harus siap dengan Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata, salah satunya melalui kegiatan Bimbingan Tekhnis atau pelatihan di berbagai bidang kepariwisataan.

” Ya kebetulan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan , kualitas dan mendorong produktifitas Naker di sektor pariwisata serta menciptakan SDM pariwisata pengelola desa wisata dan Pokdarwis yang berkualitas dalam pengelolaan desa wisata ataua kampung wisata kota kendari kedepannya, kami sekarang mengadakan kegiatan selama empat hari, mulai 11 – 14 juni 2024 terdiri dari 4 jenis kegiatan yakni, pelatihan pengelolaan desa atau kampung wisata, pelatihan pemandu ekowisata, pelatihan pengelolaan homestay, pelatihan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia di taman rekreasi. “. ujar Riza

Lebih lanjut sosok muda energik yang kini menjabat PLT Kadispar Kota Kendari ini mengungkapkan kegiatan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Non FIsik Tahun anggaran 2024, dengan menghadirkan para pemateri profesional dari akademisi dan praktisi hingga ketua asosasi pariwisata yang tentunya memiliki sertifikasi masing-masing dibidangnya.

Kegiatan ini juga menghadirkan 160 peserta yang berasal dari pengelola desa/kampung wisata se-kota kendari, komunitas pariwisata, dan pelaku pariwisata lainnya. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan, motivasi dan menciptakan SDM yg berkualitas dan berkompetensi di bidang Pariwisata.(AN)

Editor:NZ