NewsMetro

Pengurusan E-KTP Meningkat, Dukcapil Kota Kendari Beberkan Faktornya

75
×

Pengurusan E-KTP Meningkat, Dukcapil Kota Kendari Beberkan Faktornya

Share this article

 

TERAMEDIA.ID, KOTA KENDARI- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil)Kota Kendari mencatat terdapat peningkatan pengurusan E-KTP dari hari biasanya.

Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Kota Kendari, Iswanto Dongge, mengatakan peningkatan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Pihaknya melayani kepengurusan E-KTP di Mall Pelayanan Publik (MPP) mencapai sekitar 100 – 200 orang per hari. Sedangkan idealnya, pengurusan E-KTP hanya berkisar 50 orang.

“Kepengurusan E-KTP mengalami peningkatan jelang Pemilu. Selain karena masyarakat sudah berusia 17 tahun, juga ada inisiatif dari para masyarakat untuk penggunaan administrasi atau mendaftar perguruan tinggi, Polisi, TNI. Otomatis warga kita yang berusia 17 tahun datang melakukan perekaman di MPP,” ungkapnya Senin (29/5/2023).

Mantan Inspektur Pembantu (Irban) III Inspektorat Kendari ini membeberkan jika pihaknya mendapatkan bantuan seribu keping blangko E-KTP dari Dirjen Dukcapil.

Akan tetapi jumlah tersebut masih kurang karena hanya bisa bertahan sampai lima hari kedepan.

“Kalau 200 per hari cetakan KTP diganti atau rusak atau hilang atau yang baru perekaman, itu hanya cukup sampai lima hari. Kita sudah usul 15 ribu keping agar bisa melayani masyarakat hingga tiga bulan, kita masih butuh tambahan,” pungkasnya.

 

Reporter: Novi