NewsPariwisata

Pemprov Sultra Dorong Kepariwisataan Berkelanjutan dan Geopark

113
×

Pemprov Sultra Dorong Kepariwisataan Berkelanjutan dan Geopark

Share this article

TERAMEDIA.ID, KENDARI – Pejabat Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) meminta wisata berkelanjutan di lakukan oleh Dinas Pariwisata Sultra. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dispar Sultra, Belli saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (19/12/2023).

Kadispar Sultra, Belli menyampaikan, telah menerima arahan dari Pj Gubernur Sultra, agar wisata berkelanjutan digalakan dan membuat wisata berdampak terhadap perekonomian provinsi berjuluk bumi anoa.

Belli menjelaskan, ada empat point wisata berkelanjutan yang di galakan oleh Pj Gubernur yakni kepariwisataan betul-betul berdampak terhadap perekonomian Sulawesi Tenggara dan kesejahteraan masyarakat.

Belli melanjutkan, kepariwisataan juga berdampak terhadap perbaikan lingkungan, sebab semakin tinggi pengunjung maka perawatan destinasi sangat dibutuhkan.

Selanjutnya, berkelanjutan pengelolaannya. Lalu keberlanjutan soal budayanya. Hal ini menjawab masifnya budaya luar yang menggerus budaya lokal.

Ini menjadi bentuk perhatian juga agar masyarakat tidak lupa tetang kebudayaan daerah masing-masing, sehingga wisatawan tidak hanya menikmati destinasi wisata Sultra tetapi juga dapat menikmati kearifan budaya yang ada.

“Jangan sampai hadirnya budaya luar justru berdampak pada kelupaan terhadap budaya sendiri,” jelasnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (19/12/2023).

Lebih lanjut, Belli mengatakan, gubernur Sultra selalu mendorong kepariwisataan dan kebudayaan.

“Alhamdulillah Sultra ini tidak pernah ketinggalan dari pemimpin yang selalu mendukung kepariwisataan,” ujarnya.

Pihaknya juga telah menyampaikan masukan untuk kepariwisataan geopark atau taman huni yang mempunyai keanekaragaman hayati yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Kemudian corak bebatuan yang spesifik.

“Pak gubernur mengapresiasi dan menyetujui serta kita bisa mempersiapkan pariwisata geopark,” bebernya.

Empat lokasi menjadi perencanaan, yakni mata rombeo Konawe Utara, liang kabori di Muna, pulau padamarang Kolaka, dan destinasi geopark Buton Utara.

“Ini sekarang juga menjadi target prioritas teman-teman di pariwisata,” katanya.

Dirinya berterimakasih atas segala support dari gubernur Sultra. Menurutnya, sangat sedikit pemimpin yang turut serta menjadi percontohan dan menghimbau masyarakat untuk bangga berwisata di Sultra.

“Kita lihat sendiri, beliau pj gubernur mengetik di HP nya sendiri mengajak untuk berwisata di Sultra,” ungkapnya.

Olehnya, kedepan, pihaknya akan mempersiapkan kepariwisataan Sultra lebih baik. Terlebih dispar baru saja menerima penghargaan Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia.

Ia pun berharap, Sultra dapat menjadi rumah yang nyaman bagi para wisatawan dan masyarakat semakin terbuka menerima para pengunjung didaerahnya dengan menjaga adat istiadatnya.

“Kita berharap Sultra menjadi rumah yang nyaman bagi para pengunjung,” pungkasnya. *(ST)