NewsMetro

Kerukunan Warga Wakatobi Gelar Halal Bi Halal, Hadirkan Tradisi Harua yang Ada Sejak Zaman Dahulu

69
×

Kerukunan Warga Wakatobi Gelar Halal Bi Halal, Hadirkan Tradisi Harua yang Ada Sejak Zaman Dahulu

Share this article

TERAMEDIA.ID, KOTA KENDARI- Ribuan masyarakat Wakatobi yang berada di Kota Kendari mengikuti halal bi halal yang diadakan oleh Kerukunan Warga Wakatobi (KKW) disalah satu hotel di Kendari, Minggu (21/5/2023).

Bupati Wakatobi, Haliana mengatakan kegiatan ini bertujuan mempererat silaturahmi dan membangun komunikasi antar masyarakat Wakatobi di Kota Kendari setelah Hari Raya Idul Fitri.

“Kadang-kadang lama tidak pernah bertemu, jadi lewat halal bi lahalal ini bisa silaturahmi terutama sesama kami yang ada di wakatobi atau masyarakat Wakatobi yang ada di Kendari,” ungkapnya saat diwawancara.

Ia menerangkan jika halal bi halal ini sempat terhenti selama beberapa tahun akibat adanya pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah ini bisa terjalin kembali, apa lagi kurang lebih sudah 4 tahun tidak dilaksanakan karena pandemi. Ini semua demi komitmen kita bersama untuk masyarakat Wakatobi,” jelasnya.

Ketua umum KKW, La Adjeh Amin, mengatakan halal bi halal kalih ini juga sebagai bentuk pelestarian budaya Harua dengan menghadirkan aneka jajanan atau makanan tradisional Wakatobi.

“Ada wajenya, cucur, bolu, kasuami, kaloni atau ada ayamnya, kemudian ikan yang diulek, kemudian pisang goreng dan banyak lagi,” sebutnya.

Ia menyebut, jika jajanan tradisional yang disuguhkan tersebut merupakan tradisi yang telah ada sejak dahulu.

“Tapi bagaimana disana itu kalau kita menjamu tamu pakai kue-kue itu,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan itu dihadiri juga oleh Instansi Pemerintahan, seperti DPRD Provinsi, DPR RI, DPR Kabupaten/ Kota, Kepala Dinas lainnya.

 

Reporter: Novi