Special eventPariwisata

Empat Event Top Digelar di Bulan Juli dan Agustus

264
×

Empat Event Top Digelar di Bulan Juli dan Agustus

Share this article

TERAMEDIA.ID, JAKARTA – Gelaran Karisma Event Nusantara (KEN )2023 terus berlangsung di berbagai daerah. Dari total 110 event dan festival yang masuk dalam KEN 2023, ada 10 event yang masuk kategori Top KEN 2023. Menariknya, di bulan Juli dan Agustus mendatang, ada empat event Top KEN 2023 yang akan digelar.

Diharapkan, dengan adanya empat event Top KEN 2023 yang digelar sepanjang Juli dan Agustus, dapat menarik 8,5 juta kunjungan wisatawan mancanegara, 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara, dan membuka 4,4 juta lapangan kerja baru di Indonesia.

Sebab, event-event yang unik dan autentik menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan untuk mendatangi sebuah destinasi. Bisa dibilang, destinasi dan atraksi wisata berupa event dan festival merupakan satu paket komplet yang harus terus dikembangkan guna mencapai target-target tersebut.

Sepanjang bulan Juli dan Agustus, setidaknya ada empat event Top KEN 2023 yang akan digelar di beberapa daerah, berikut adalah daftar lengkapnya:

Ubud Village Jazz Festival

Masuk dalam kategori Top 10 KEN 2023, Ubud Village Jazz Festival (UVJF) menawarkan sensasi nonton konser jazz yang berbeda. Festival ini akan dilaksanakan pada 28-30 Juli 2023, di Sthala Ubud Portfolio Hotel by Marriott, Ubud, Bali.

Memasuki tahun ke-10, Ubud Village Jazz Festival mengundang banyak musisi jazz terbaik dari dalam maupun luar negeri. Mulai dari Pere Bujosa Trio (Spanyol), Henk Kraaijeveld Quintet (Belanda), Kevin Hays Trio (AS), Etawa Jazz (Yogyakarta), hingga Nadine Adrianna (Bandung).

Seperti yang kita tahu, Ubud dikenal dunia berkat “ketenangannya”. Makanya, selain menikmati alunan musik jazz, Sobat Parekraf juga bisa merasakan ketenangan ala Ubud. Misal, dengan mengunjungi Tegalalang yang terkenal dengan deretan sawah terasering yang rapi, atau berkunjung ke Monkey Forest Ubud yang jaraknya sekitar 20 menit dari Hotel Sthala.

Jember Fashion Carnaval

Salah satu event Top KEN 2023 yang akan digelar di bulan Agustus adalah Jember Fashion Carnaval (JFC). Karnaval yang sudah menjadi event tahunan ini akan digelar pada 4-6 Agustus 2023. Dalam gelaran JFC ke-21 ini, tema yang diambil adalah “Timelapse Journey of The Earth”.

Dipilihnya tema ini untuk menggambarkan perjalanan terbentuknya alam semesta dalam 10 fase: bigbang, prehistoric, empire, religion, invention, world war, superstar, upcycle, metaverse, dan nusantara. Selain itu, JFC 2023 turut menyelipkan tema tambahan “JFC untuk Demokrasi”. Tema ini diusung sebagai kemeriahan menyambut tahun politik di Indonesia tahun depan.

Jember Fashion Carnaval 2023 akan membuat catwalk terpanjang di dunia, yakni sepanjang 3,8 km. Rute tersebut akan meliputi Jl. Sudarman, Jl. Kartini, Jl. PB Sudirman, Jl. Gajah Mada, hingga Lippo Mall (finish).

Jika, Sobat Parekraf ingin melepas lelah setelah menyaksikan parade busana terbaik di JFC 2023, bisa singgah sejenak di Taman Botani Sukorambi. Lokasinya tidak terlalu jauh dari titik finish JFC. Di Taman Botani Sukorambi, kita bisa melihat pemandangan sawah hijau, wahana kuda, kolam renang, hingga danau buatan. Suasananya yang asri, cocok sekali untuk tempat melepas penat.

F8 Makassar

Satu di antara Top 10 KEN 2023 yang akan digelar di bulan Agustus adalah F8 Makassar. Rencana, event ini akan dilaksanakan pada 23-27 Agustus 2023, di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan. Menjadi salah satu Top 10 KEN 2023, F8 Makassar menghadirkan pertunjukan seni, budaya, dan hiburan yang dikemas dengan sangat apik dalam 8 kategori.

Uniknya, semua kategori tersebut berawalan huruf “F”, yakni Fashion, Food, Fiction Writers and Fonts, Fine Art, Folks, Fusion Music, Flora and Fauna, dan Film. Menariknya, pada gelaran F8 Makassar 2023, akan ada ikon kapal pinisi, rumah adat Bugis, dan Toraja yang akan jadi latar dari festival tersebut.

Selain melihat keseruan F8 selama 5 hari berturut- turut, Sobat Parekraf juga bisa menjelajah destinasi seru di sekitar Pantai Losari Makassar. Seperti mengunjungi Masjid Amirul Mukminin, yang menjadi masjid terapung pertama di Asia Tenggara, dengan latar pemandangan sunset yang luar biasa. Atau mengunjungi Pulau Kayangan yang jaraknya hanya 3,5 km dari Pantai Losari, pasir putih dan sunset yang sangat indah siap menyambut kita di pulau tersebut.

Samosir Music International

Top 10 KEN 2023 yang tak boleh terlewatkan di bulan Agustus berikutnya, Samosir Music International. Event ini akan dilaksanakan pada 25-26 Agustus 2023, di Tuk Tuk Siadong, Samosir, Sumatera Utara. Event tahunan ini bertujuan untuk meningkatkan nilai wisata dan budaya Samosir di kancah internasional.

Samosir Music International akan menghadirkan musisi dalam dan luar negeri, yakni Vicky Sianipar and Band, Alsant Nababan, Candil, Tongam Sirait, musisi lokal Samosir dan Danau Toba, Tommaso Primo (Italia), Stella Manfredi (Italia), Anna Buchegger (Austria), Hermann Delago Band (Austria), serta Salam Musik (Malaysia). Uniknya, para musisi luar negeri pun akan membawakan lagu Batak!

Menikmati alunan musik-musik khas Batak yang penuh semangat, kurang lengkap tanpa outfit yang tepat, yakni kain ulos. Sebelum nonton rangkaian konser musik, Sobat Parekraf bisa singgah sejenak ke Desa Wisata Meat, Toba Samosir. Desa wisata ini terkenal sebagai sentra pembuatan ulos yang melegenda hingga mancanegara. Cocok buat dijadikan outfit nonton konser, kan?

Jadi, jangan lupa untuk agendakan liburan dan melihat langsung empat event dari Top 10 KEN 2023 di atas, ya, Sob!