NewsMetro

Libur Tahun Baru, Damkar Kendari Imbau Waspada Kebakaran Saat Tinggalkan Rumah

85
×

Libur Tahun Baru, Damkar Kendari Imbau Waspada Kebakaran Saat Tinggalkan Rumah

Share this article

TERAMEDIA.ID,KOTA KENDARI- Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Kendari imbau masyarakat antisipasi terjadinya kebakaran saat rumah ditinggal libur tahun baru.

Kepala Dinas (Kadis) Damkar Kota Kendari, Abdul Rifai mengatakan sebelum rumah dalam keadaan kosong, instalasi listrik, kompor dan keadaan rumah harus dalam kondisi aman.

“Sebelum meninggalkan rumah diperhatikan semuanya, karena kadang-kadang kita lupa matikan kompor, lupa matikan listrik, tapi justru itu bisa berbahaya,” ujar Abdul Rifai, Kamis (28/12/2023).

Bukan hanya itu, Damkar juga mengimbau ruko maupun perkantoran agar mematikan sistim kelistrikan apa bila telah digunakan, hal tersebut guna mengantisipasi terjadi arus pendek listrik yang memicu kebakaran.

Pihaknya menyarankan setiap rumah, ruko, maupun kantor memiliki Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Bahkan perintah ini akan dimasukan dalam regulasi yang mewajibkan setiap rumah, ruko bahkan kantor untuk memiliki APAR.

“Karena Apar ini sudah jadi kebutuhan. Apalagi APAR ini sudah dirancang busanya itu biar bisa memadamkan api yang dari listrik,” katanya.

Abdul menyebut, antisipasi kebakaran merupakan tanggung jawab bersama. Sebab, kebakaran ini bisa terjadi kapan saja.

Abdul menegaskan bahwa personel pemadam kebakaran telah disiagakan 24 jam, guna mengantisipasi adanya bencana kebakaran di Kota Kendari. (NV)