News

Lanal Kendari gelar Glagaspur uji ketrampilan personil AL

104
×

Lanal Kendari gelar Glagaspur uji ketrampilan personil AL

Share this article

TERAMEDIA.ID, KOTA KENDARI – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut Kendari Sulawesi Tenggara menggelar pelatihan uji terampil gladi tugas tempur pangkalan atau glagaspur pangkalan P1-P2, Pada Jumat (15/9/2023).

Glagaspur ini dipimpin langsung oleh Danlanal Kendari Abdul Kadir Mulku Zahari di Markas Pangkalan Angkatan Laut Kendaraan (Mako Lanal Kendari).

Danlanal Kendari, Abdul Kadir Mulku Zahari mengatakan tujuan Kegiatan hari ini adalah pelaksanaan gladi tugas tempur atau glagaspur uji keterampilan profesionalisme seluruh prajurit TNI Angkatan Laut (AL) yang ada di Kota Kendari.

” Materi-materi yang diujikan yakni anti huru-hara, serangan untuk teror, pertahanan pangkalan dan lain sebagainya ” Katanya

Ia menjelaskan  Uji terampil Glagaspur ini berkolaborasi dengan pihak Polri yakni tim Brimob dan juga dari pihak damkar kota maupun provinsi.

“Uji terampil ini tidak mungkin kami berdiri sendiri, maka dari itu kami berkolaborasi dengan pihak tim gegana Brimob karena itu bagian dari simulasi namun dari pertahanan pangkalan kami Lanal Kendari sudah memiliki SOP sendiri ” Jelas Lanal Kendari

Sementara itu, Ketua Tim Uji dari Komando Latihan Letkol Laut P. Ferry Kurniawan menuturkan pelatihan P1-P2 ini sudah terselenggara selama dua hari, dan kesiapan lanal Kendari cukup baik dan terencana.

” Kesiapan lanal sendiri cukup baik terbukti selama dua hari ini seluruh rangkaian simulasi berjalan lancar dan sesuai rencana ” Ujarnya

Ia berharap, prajurit yang mengikuti uji keterampilan agar memperhatikan keseriusan teknik dan penguasaan taktik sehingga mampu melahirkan regenerasi prajurit yang tangguh dan berkompeten dalam peningkatan kinerja dilapangan.

“Harapnya regenerasi terhadap prajurit baru harus tetap kita kerjakan bahwasanya dalam peningkatan sumber daya manusia sebagai salah satu program prioritas dari pak kasal tetap kita jaga dan kita jalankan dalam waktu satu tahun sekali ” Tutupnya (RZ).