NewsBencana / Kecelakaan

Kapal Yatch Putih Raja Asal Raja Ampat Terbakar di Selat Buton

2237
×

Kapal Yatch Putih Raja Asal Raja Ampat Terbakar di Selat Buton

Share this article

TERAMEDIA.ID, KOTA KENDARI – Sebuah Kapal Yatch Puti Raja terbakar di perairan selat Buton. Kapal tersebut mengangkut 4 orang awak kapal. Sejumlah kapal disekitar lokasi kejadian berusaha untuk mengevakuasi para awak kapal, pada senin malam 19/4/2021).

Dari informasi yang diterima melalui berita acara Nahkoda KM. Jetliner yang dikirimkan ke pihak Basarnas Kendari, KM. Jetliner dalam pelayaran dari pelabuhan Raha menuju Pelabuhan BUngkutoko Kendari 19/4/2021. Pada Jam 17.15 Perwira jaga (Mualim1) mendengar Distress Call dan setelah di cek adalah dari sebuah kapal Yatch yang terbakar di perairan selat buton dengan jarak 5,5 NM.

Pada Jam 17.45 LT KM Jetliner tiba dilokasi dan bermanuver mendekati tempat kejadian dan berkooridnasi dengan LCT Super 188 yang memberi pertolongan pertama.

Pada jam 18.15 LT Korban berjumlah 4 orang berhasil di evakuasi LCT Super 188 dan kemudian pukul 18.25 Wita dengan menggunakan perahu nelayan korban di bawa ke KM.Jetliner untuk dilakukan perawatan medis.

Dari keterangan Nahkoda Kapal bahwa kapal Yatch mereka bernama Puti Raja, mereka meninggalkan kapal tanpa membawa dokumen apapun. Kapal Puti Raja ini berlayar dari Yapale Pulau Missol selatan Kabupaten Raja Ampat menuju Pulau SUmbawa.

 

Adapun nama-nama korban/awak kapal :
1. Josephine (P/67) – Nahkoda/Owner (WNI)
2. Benny Raiwaki (L/56) – Crew Mesin (WNI)
3. Ken Wiedenhoeft (L/84) – KKM (WNA/USA)
4. Jalil Loji (L/33) – Crew Mesin (WNI)

Para Korban/awak kapal telah tiba dikendari menggunakan KM. Jetliner dan selanjutnya dibawa kerumah sakit bhayangkara kendari untuk pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.