NewsMetro

Jelang Lebaran 2024, Dinas Pertanian Kota Kendari Gencarkan Pemantauan dan Pengawasan Kesehatan Hewan

355
×

Jelang Lebaran 2024, Dinas Pertanian Kota Kendari Gencarkan Pemantauan dan Pengawasan Kesehatan Hewan

Share this article

TERAMEDIA.ID, KOTA KENDARI- Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Dinas Pertanian Kota Kendari menggencarkan pemantauan dan pengawasan kesehatan hewan sapi dan kambing menjelang Lebaran 2024.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian kota Kendari, Santiwati mengatakan pemeriksaan hewan ternak dilakukan secara mobile di setiap peternak binaan Dinas Pertanian Kota Kendari.

Tim pemeriksaan yang diterjunkan terdiri dari Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan (Keswan) bersama Dokter hewan, UPTD Puskeswan dan dibantu oleh penyuluh pertanian disetiap wilayah binaan.

“Apabila ditemukan sakit, kita pasti lakukan karantina dan pengobatan terhadap ternak tersebut,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Jumat (29/3/2024).

Bukan hanya itu, untuk hewan ternak yang berasal dari daerah lain harus menyertakan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH). Hal itu untuk menjamin hewan ternak yang masuk di Kota Kendari bebas dari penyakit dan layak untuk dikonsumsi.

“Untuk sementara Kota Kendari masih aman kasus penyakit menjelang Lebaran, kami perketat lagi pemeriksaan sapi yg masuk dikota Kendari, terkait surat edaran Bupati Konawe Selatan terhadap penyakit jembrana. Pemeriksaan tetap kami lakukan selain menunggu laporan dari peternak,” tutupnya. (NV)

 

Editor:NZ