News

Hari Air Dunia ke-32, BWS Sulawesi IV Kendari Tekankan Pentingnya Menjaga Sumber Daya Air

449
×

Hari Air Dunia ke-32, BWS Sulawesi IV Kendari Tekankan Pentingnya Menjaga Sumber Daya Air

Share this article

TERAMEDIA.ID,KOTA KENDARI- Dalam rangka peringatan Hari Air Dunia ke-32, Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari menggelar talkshow water talks, di Ruang Aula Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo (UHO), Jumat (22/3/2024).

Kegiatan yang bertajuk, Infrastruktur air dan krisis iklim ini bertujuan menggalang dukungan dan kerjasama antar pemangku kepentingan, termasuk Pemerintah Daerah (Pemda).

Kemudian perguruan tinggi, asosiasi, BUMD, dan masyarakat, sekaligus mempromosikan 10th world water forum 18-25 Mei 2024 yang akan dilaksanakan di Bali.

Kepala BWS Sulawesi IV Kendari, A. Adi Umar Dani mengatakan beberapa kegiatan  telah dilaksanakan oleh pihaknya, diantaranya seperti penanama pohon di Bendungan Ameroro dan goes to school ke sejumlah Taman Kanak-Kanak (TK).

“Kalau misi kita hari ini di UHO yaitu bagaimana kita menyampaikan bagaimana pentingnya air bagi seluruh masyarakat Kota Kendari,” ujar Adi.

Menurutnya, alasan memilih kampus sebagai bagian dari penyelenggaraan Hari Air Dunia ke-32 yaitu agar menambah wawasan para Mahasiswa, khususnya Jurusan Teknik.

“Di sini lah pentingnya bagaimana dari berbagai sektor untuk melakukan koordinasi bersama-sama memikirkan bagaimana pengelolaan SDM air yang tepat, baik dan benar, sehingga semua bisa menikmati air yang ada di dunia ini,” bebernya.

Tempat sama, Dekan Teknis UHO, Edward Ngii mengatakan air sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, kata Edward air saat ini mengalami pencemaran, mulai dari aktivitas tambang, perubahan iklim dan penyebab lainnya.

“Ini tantangan bagi kita, kami mengucapkan terima kasih kepada BWS karena ini momen yang tepat sekali untuk meningkatkan kesadaran kita semua, utamanya di lingkungan kampus,” pungkasnya. (NV).

editor:DN