NewsDaerahPariwisata

Dispar Konsel Gelar Pelatihan SDM Usaha Pariwisata Bidang Akomodasi Homestay atau Pondok Wisata

597
×

Dispar Konsel Gelar Pelatihan SDM Usaha Pariwisata Bidang Akomodasi Homestay atau Pondok Wisata

Share this article
Foto bersama Kadispar Konsel dan jajaran, Narasumber, dan peserta pelatihan

TERAMEDAI.ID, KOTA KENDARI – Bertempat di salah satu hotel di kota Kendari, DInas Pariwisata Kabupaten Konawe Selatan, menggelar Pelatihan Pengelolaan Homestay/Pondok wisata. Kegaiatan ini berlangsung selama 3 hari baik materi eklas maupun kunjungan dan praktek lapangan.

Kepala Dinas Pariwisata Konawe Selatan Adiwarsyah Toar, yang mewakili Sekretaris Daerah dalam sambutannya mengungkapkan apresiasi terhadap dinas pariwisata yang terus menciptakan peluang penguatan baik sumber daya manusia sektor pariwisata maupun pengembangan destinasi hingga desa wisata.

Pembawaan Materi Standar Usaha Homestay, Oleh Ahmad Nizar.S.Kom

” Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) kepariwisataan, merupakan salah satu program prioritas nasional dan menjadi isu penting dalam rangka menciptakan SDM yang berdaya saing. Baik Pemerintah provinsi dan kementrian mendukung program ini melalui usaha sektor pariwisata, ” ucap Adiwarsyah.(29/8/2023)

Materi lapangan/visitasi oleh Narasumber ; Fitri Eka Susanti, S.Sos

Lebih lanjut Adiwarsyah menegaskan untuk dapat melayani wisatawan dengan maksimal, sesuai slogan sapta pesona, tidak hanya bertumpu pada infrastruktur namun kematangan kualitas SDM kepariwisataan baik di destinasi maupun desa wisata mutalk diperlukan.

Sementara itu Suhartin selaku kepala bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Dinas pariwisata Konawe Selatan dalam laporan kegiatannya mengungkap bahwa, kegiatan ini bersumber dari dana alokasi khusus Kementrian Pariwisata, dan dalam tahun 2023 sejumah kegiatan Pelatihan atau bimtek memang mendapat dukungan dari Kementrian khusus untuk dinas pariwisata Konawe Selatan.

Kunjungan dan Praktek Lapangan Pengelolaan Homestay di kawasan Akomodasi Agrowisata California Konsel.

Kegiatan ini dihadiri sejumlah pengelola homestay di konawe selatan, pengelola destinasi dan desa wisata. Pelatihan sendiri berlangsung selama 3 hari dengan metode class room dan visitasi lapangan, praktek hingga diskusi kelompok. Kegiatan ini menghadirkan pemateri yang berkompeten dibidangnya. baik perwakilan asosiasi bidang homestay di sultra dan pelaku pengelola akomodasi dalam lingkup pasar lokal, nasional hingga internasional.**(Red)