NewsNasionalPariwisata

Menparekraf Serahkan Bantuan DPUP bagi Tiga Desa Wisata di Banten dan DKI Jakarta

265
×

Menparekraf Serahkan Bantuan DPUP bagi Tiga Desa Wisata di Banten dan DKI Jakarta

Share this article
Mentri Pariwisata Sandiaga Uno Saat Penyerahan Simbolis Bantuan

TERAMEDIA.ID, SERANG – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyerahkan bantuan Dukungan Pengembangan Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (DPUP) bagi tiga desa wisata yaitu Desa Wisata Cikolelet (Banten), Desa Wisata Sukarame (Banten), dan Desa Wisata Pulau Untung Jawa (DKI Jakarta).

Menparekraf Sandiaga dalam sambutannya pada acara penyerahan bantuan DPUP yang berbarengan dengan pelatihan literasi keuangan di Desa Wisata Cikolelet, Kabupaten Serang, Banten, Sabtu (19/8/2023), mengatakan bantuan ini merupakan tindak lanjut dari program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang diharapkan menjadikan desa wisata semakin tangguh dan berdaya saing.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyerahkan bantuan Dukungan Pengembangan Usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (DPUP) bagi tiga desa wisata yaitu Desa Wisata Cikolelet (Banten), Desa Wisata Sukarame (Banten), dan Desa Wisata Pulau Untung Jawa (DKI Jakarta), Banten, Sabtu (19/8/2023).

“Kita tidak ingin program desa wisata ini hit and run, jangan sampai ramai saat ada kegiatan saja. Tapi kami terus memonitor dan mengevaluasi. Sehingga terjadi peningkatan, penguatan, dan penambahan kompetensi baru di sini,” katanya.

Kemenparekraf memberikan bantuan kepada pengelola desa wisata, masing-masing mendapatkan dana berkisar Rp119 juta-Rp120 juta.

Menparekraf Sandiaga berharap bantuan dan dukungan tersebut dapat dimaksimalkan untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif salah satunya untuk pengembangan sumber daya manusia.

“Selain itu juga peningkatan produk-produk ekonomi kreatif, peningkatan destinasi, sehingga kunjungan wisatawan lebih berkualitas dan berkelanjutan,” katanya.
Menparekraf Sandiaga mengatakan penguatan desa wisata akan menopang pertumbuhan ekonomi dengan pergerakan wisatawan yang semakin berkembang ke desa wisata.
“Targetnya tahun depan melalui desa wisata sebagai pilar utama terjadi penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru yang berkualitas,” ujar Sandiaga.

 

 

*Redaksi