News

Peringati Hari Pahlawan 10 November, Pj Gubernur undang Keluarga Pahlawan Sultra

163
×

Peringati Hari Pahlawan 10 November, Pj Gubernur undang Keluarga Pahlawan Sultra

Share this article

TERAMEDIA.ID, KENDARI – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto mengundang anggota keluarga pahlawan Bumi Anoa dalam peringatan hari Pahlawan ke-78 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Watubangga, Kecamatan Baruga, Kota Kendari, pada Jumat (10/11/2023).

Peringatan Hari Pahlawan ke-78 tahun 2023 ini mengusung tema Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan.

Terdapat sesuatu hal yang baru pada peringatan tahun ini, yakni mengundang keluarga para Pahlawan yang berasal dari Sulawesi Tenggara.

Adapun keluarga Pahlawan yang diundang, yakni keluarga Almarhum Oputa Yi Koo, dalam hal ini dihadiri oleh mantan Gubernur Sultra Ali Mazi.

Selanjutnya, keluarga Pahlawan H Supu Yusuf, Pejuang dari Unaaha yang dikenal keberaniannya, keluarga Pahlawan H. Yacob Silondae yang dikenal sebagai Pejuang Konawe Lautan Api, Keluarga Almarhum Mayjend (Purn.) Eddy Sabara, Gubernur Sultra 2 periode, dan Keluarga Pahlawan La Ode Idrus Effendi dimana Beliau dikenal karena pertama kali mengibarkan Sang Merah Putih di Tampo dan sekaligus menyatakan bahwa Muna sebagai bagian dari NKRI.

“Penghargaan bagi Pahlawan asal Provinsi Sultra itu, baru pertama dilakukan, sebagai bentuk apresiasi dan ungkapan terima kasih atas jasa – jasa para Pahlawan, khususnya dari Sultra,” ungkap Andap.

Andap menerangkan, pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya untuk membela kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

“Semangat inilah yang saat ini harus diadopsi dan diimplementasikan pada kehidupan kita sehari-hari dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” katanya.

Andap menambahkan, agar pada peringatan hari pahlawan ini, jajaran pemerintahan untuk meneguhkan komitmen diri membangun usaha, ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia dan Sultra tercinta tumbuh semakin maju serta sejahtera.

“Mari bersama teguhkan kembali komitmen diri untuk membangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia dan Sultra tercinta tumbuh semakin maju dan sejahtera,” bebernya.

“Pada kesempatan ini juga, mari kita panjatkan juga doa – doa yang terbaik bagi para Pahlawan Kusuma Bangsa yang telah gugur untuk Indonesia dan Sultra tercinta. Selamat Hari Pahlawan ke 78, 10 November tahun 2023,” tutupnya Pj Gubernur Sultra.

Diketahui sebelumnya, Pemprov Sultra diwakili Kepala Dinas Sosial dan Panitia Hari Pahlawan telah bersilaturahim ke kediaman masing-masing keluarga sebagai bentuk penghargaan kepada para Pahlawan Kusuma Bangsa yang berasal dari Sulawesi Tenggara.

Di moment peringatan ini juga, Andap menyerahkan cenderamata kepada keluarga mantan perjuang Kemerdekaan, pertama Oputa Yii Koo diserahkan kepada Ali Mazi, kedua Supu Yusuf diserahkan kepada ibu Nani Ginting, ketiga Yakub Silondae diserahkan kepada Yusran Silondae, keempat Edi Sabara di serahkan kepada Ronald Sabara dan kelima Muhammad Idrus Efendi kepada Azwar Efendi.*(ST)