NewsBencana / KecelakaanDaerah

Masuk Kari ke 3 Pencarian Operasi SAR, Begini Nasib Nelayan Asal Kapota Wakatobi

182
×

Masuk Kari ke 3 Pencarian Operasi SAR, Begini Nasib Nelayan Asal Kapota Wakatobi

Share this article

TERAMEDIA.ID, BUTON – Hamid (Laki/35) yang tercatat sebagai warga Kapota Kabupaten Wakatobi, diketahui mengalami kecelakaan kapal dengan matinya mesin di sekitar perairan lasalimu saat hendak melakukan aktifitas mencari ikan pada (29/9/2023).

Pukul 17.00 Wita korban keluar melaut untuk mencari ikan, sekitar pukul 03.00 Wita Korban dihantam oleh badai dan memutuskan untuk kembali pulang. Pada pukul 03.05 Wita anak dari korban menerima telepon dari korban, yang menginformasikan kondisi kapal yang mengalami mati mesin dsekitar perairan lasalimu.

Pada pukul 10.25 Wita pihak keluarga kembali menerima telepon dari korban, yang menginformasikan posisi korban terbawa arus hingga ke suar Tanjung buton di perairan pasarwajo.

Atas kejadian ini pada pukul 11.35 Wita Comm Centre KPP Kendari menerima informasi dari Bpk Najanudin (Kakak korban) yang melaporkan kecelakaan kapal terhadap 1 buah longboat yang mengalami mati mesin POB 1 orang diantara Perairan Pasarwajo dan Wabula Kab. Buton

Berdasarkan laporan tersebut diatas, pada pukul 11.55 Wita Tim Rescue Pos SAR Baubau diberangkatkan menuju LKP dengan menggunakan RIB untuk memberikan bantuan SAR. Jarak tempuh LKP dengan Pos SAR Baubau sekitar 29 NM.

Pencarian hari pertama dan ke dua nihil, tim SAR gabungan masih melakukan pencarian di hari ke tiga. Pada rencana pencarian hari ke tiga sekitar pukul 06.50 Wita menerima informasi dari Bapak Jumaidin keluarga korban, yang melaporkan penemuan korban oleh nelayan setempat sekitar 13 NM Arah barat daya dari LKP dalam keadaan selamat.

Menurut Kepala KPP Kendari Muhammad Arafah, atas laporan warga tim langsung mengevakuasi korban ” korban di evakuasi ke Batauga Kab. Buton Selatan selanjutnya dibawa ke Puskesmas Batauga untuk pemeriksaan kondisi kesehatan lebih lanjut” ujar Arafah (2/10/2023).

Dengan ditemukannya korban tersebut dalam keadaan selamat, operasi SAR terhadap 1 buah longboat yang mengalami mati mesin POB 1 orang, diantara Perairan Pasarwajo dan Wabula Kab. Buton dinyatakan selesai dan ditutup, seluruh unsur yang terlibat di kembalikan ke kesatuannya masing-masing. **(Red)