NewsMetro

Jelang 17 Agustus Dimanfaatkan Pedagang Musiman Bendera Merah Putih di Kendari

78
×

Jelang 17 Agustus Dimanfaatkan Pedagang Musiman Bendera Merah Putih di Kendari

Share this article

TERAMEDIA.ID,KOTA KENDARI- Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) para penjual bendera dan aksesoris khas 17 Agustusan mulai bermunculan.

Momen 17 Agustus itu membawa berkah tersendiri bagi para penjual bendera musiman yang tersebar di sejumlah titik di Kota Kendari.

Seperti penjual bendera di jalan Jln. Malaka, Anduonohu, Kendari tepatnya di dekat SPBU Anduonohu, Harma mengaku sudah hampir dua pekan berjualan bendera merah putih dan aksesoris.

Menurutnya rata-rata pembeli memilih bendera merah putih di lapaknya karena harganya masih terjangkau dibandingkan dengan harga toko.

Namun ia mengatakan, jumlah pembeli masih belum banyak, puncak pembeli terbanyak biasanya sepekan jelang 17 Agustus.

“Biasanya masuk tanggal muda baru lancar pembeli,” ungkapnya saat diwawancara, Sabtu (29/7/2023).

Jenis bendera yang ia jual diantaranya bendera merah putih dengan berbagai ukuran, umbul-umbul gergaji, replika bendera ketupat, dan tiang bendera yang terbuat dari bambu.

Untuk bendera merah putih ukuran paling besar dibanderol dengan harga Rp 350 ribu, umbul-umbul gergaji Rp 40 ribu, sedangkan replika bendera ketupat Rp 10 – 20 ribu.

Ia mengatakan seluruh jualannya itu bukan miliknya melainkan hanya menjualkan saja dengan sistem bagi untung.

“Mulai barang sama tempat jualannya sudah disiapkan sama yang punya, untungnya dari pembeli saja, kalau tidak menawar keuntungannya dalam satu lembar dapat Rp5 ribu sampai Rp10 ribu,” terangnya.

Ia menambahkan, akan tetap berjualan sampai 16 Agustus nanti.

 

Reporter : Novi