NewsMetro

Distanak Sultra Gelar Cat Show, Diikuti Ratusan Cat Lovers se-Sultra

73
×

Distanak Sultra Gelar Cat Show, Diikuti Ratusan Cat Lovers se-Sultra

Share this article

TERAMEDIA.ID, KOTA KENDARI- Ratusan pecinta Kucing atau Cat Lovers di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) meriahkan event Cat Show yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Sultra, Minggu (21/5/2023).

Event yang dinanti-nanti para Cat Lovers tersebut merupakan kalih pertama digelar oleh Distanak Sultra, dimana nantinya bakal menjadi event tahunan yang memperebutkan piala bergilir Gubernur Provinsi Sultra, Ali Mazi. Event itu memiliki dua kategori yakni lomba fashion show dan lomba makan untuk kucing.

Kepala Distanak Sultra, La Ode Muhammad Rusdin Jaya mengatakan bahwa, kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Sultra yang puncaknya telah berlangsung pada 27 April 2023 lalu.

“Harusnya kita laksanakan pada tanggal 11 tapi karena pada saat itu cuaca tidak bersahabat sehingga kita panitia dan juri berkesimpulan untuk menunda sampai dengan hari ini,” katanya saat menjadi juri pada Cat Show, bertempat di halaman Distanak Sultra

“Kegiatan ini diikuti cat lovers se-Sultra, total peserta yang mendaftar itu kurang lebih 100. Hari ini Alhamdulillah datang semua,” tambahnya.

Ia menyampaikan, bahwa Cat Show tersebut bertujuan sebagai ajang silaturahmi para Cat Lovers se-Sultra, juga sebagai ajang untuk memperebutkan piala bergilir Cat Show Gubernur Provinsi Sultra, Ali Mazi.

Melalui kegiatan tersebut, Rusdin berharap bisa mencegah terjadinya penyebaran penyakit kucing. Karena pihaknya juga menyediakan vaksinasi atau pemberian vitamin dan pemberian obat cacing kepada kucing-kucing.

“Kegiatan ini memperkenalkan kepada masyarakat di Sultra bahwa tidak boleh ada tindakan kekerasan terhadap binatang-binatang yang ada di Sultra, khususnya kucing,” ujarnya.

Lanjut, Ia menyampaikan bahwa sebelumnya pihaknya telah bekerja dengan Persatuan Dokter Hewan Indonesia ( PDHI ) cabang Sultra, sehingga kucing yang mengikuti Cat Show dipastikan sehat jasmani dan rohani.

“Sebelum mereka mendaftar, kita verifikasi dulu kucingnya. Kalau sehat kita ikutkan lomba kalau tidak kita langsung kirim ke lab kita untuk mendapatkan penanganan,” bebernya.

Untuk diketahui, kriteria penilaian dan Cat Show tersebut diantaranya yaitu, kesehatan, keunikan dan keserasian pakaian.

Tempat sama, Ketua Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Sultra, drh. Putu Nara menjelaskan kucing yang akan menerima vaksin dalam event ini pada umumnya harus dalam keadaan sehat.

Dimana vaksin yang diberikan adalah jenis vaksin rabies yang harus memenuhi beberapa syarat, minimal berusia 2 bulan, dalam keadaan kondisi sehat, dan tidak sedang bunting atau hamil.

Namun juga terdapat beberapa kucing yang tidak dapat diberi vaksin karena beberapa hal, diantaranya memiliki suhu tubuh yang relatif tinggi karena kondisi kucing yang panik.

“Bahkan juga terdapat beberapa masalah yang ditemukan oleh teman-teman dokter hewan, ada yang sariawan. Ini biasa terjadi karena perubahan cuaca, namun prinsipnya kita vaksinasi kondisi hewan ini harus dalam keadaan sehat,” jelasnya.

Salah satu Cat Lovers, Kartini dari Kelurahan Pondambea, Kecamatan Kadia, Kota Kendari mengaku sangat berpartisipasi dalam event Cat Show ini.

Terlebih, event ini merupakan kali pertama yang ia ikuti bersama kucing kesayangannya yang bernama Miki.

Sebelum mengikuti lomba ia terlebih dahulu mempersiapkan aksesoris pendukung lomba seperti baju, kacamata dan lainnya.

“Aksesorisnya ada yang kita bikin sendiri, terus kalau baju kita beli habis itu disambung-sambung,” ungkapnya.

Tak hanya mengikuti lomba fashion show dan lomba makan, kucing jenis Persia usia 8 bulan tersebut juga mendapatkan vaksin rabies dan obat cacing yang didapatkan secara gratis dari Distanak Sultra.

“Harapannya ya supaya terbiasa ikut kegiatan seperti ini, supaya tau oh seperti ini Cat Show caranya,” pungkasnya.

 

Reporter : Novi