NewsMetroPendidikan

Dikmudora Kota Kendari Dorong Mutu Pendidikan Lewat Kurikulum Merdeka

112
×

Dikmudora Kota Kendari Dorong Mutu Pendidikan Lewat Kurikulum Merdeka

Share this article

TERAMEDIA.ID,KOTA KENDARI- Dorong kualitas pendidikan lebih baik, Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari melaksanakan sosialisasi, disalah satu hotel di Kota Kendari, Selasa (23/1/2024).

Membahas terkait Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), pengenalan Buku Digital Interaktif (BDI), Aplikasi Assesment dan Rapor.

Kegiatan ini dibuka, oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muhammad Yusup dan dihadiri oleh Forkopimda serta Kepala Sekolah dan Guru SD/SMP se Kota Kendari.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari menyebut, sosialisasi yang dilaksanakan Dikmudora merupakan bentuk dukungan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan.

Mantan Pj. Bupati Buton Tengah (Buteng) itu menyebut jika pendidikan setiap tahunnya mengalami perubahan dan menjadi tantangan tersendiri dalam dunia pendidikan. Sehingga digitalisasi merupakan kunci untuk memajukan daerah.

“Tantangan dunia pendidikan di masa depan tentunya tidak mudah, perubahan besar kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa ini memberikan dampak yang sangat signifikan pada pola pendidikan dan pengajaran yang diberikan kepada anak-anak kita, yang tentunya akan membawa dan menuntun mereka memasuki era digitalisasi inovatif dalam dunia pendidikan,” ujar Yusup.

Ia berpesan agar kemajuan teknologi mampu dimanfaatkan dan dimaksimalkan khususnya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kota Kendari.

Sementara itu Kepala Dinas Dikmudora Kota Kendari, Saemina mengatakan implementasi kurikulum merdeka belajar merupakan sebuah revolusi guna mengarahkan dunia pendidikan kearah yang lebih baik.

Sebab merdeka belajar memberikan ruang yang lebih besar tentang kemandirian belajar. Kemandirian belajar ini memberikan ruang bagi peserta didik untuk belajar sesuai dengan potensi dan kemampuan peserta didik masing-masing.

Sementara mengenai tugas kepala sekolah dan guru yaitu membina, membimbing dan mengarahkan peserta didik sehingga mencapai pendidikan yang lebih baik.

“Kurikulum merdeka memberikan kita fleksibilitas dalam memilih apa yang akan kita ajarkan, kemudian dalam kurikulum merdeka ini kita sudah dibantu dengan flatform merdeka mengajar, karena kita tau disinilah semua materi-materi ajar yang akan kita ajarkan sudah bisa kita unduh,” tutupnya. (NV)

 

Editor:NZ