NewsMetroPariwisata

Desa Wisata Labengki Masuk 50 Besar ADWI, Dispar Sultra dan Konut Lakukan Persiapan Matang Jelang Kedatangan Tim Penilai

703
×

Desa Wisata Labengki Masuk 50 Besar ADWI, Dispar Sultra dan Konut Lakukan Persiapan Matang Jelang Kedatangan Tim Penilai

Share this article

 

TERAMEDIA.ID, KENDARI – Dinas Provinsi Sulawesi Tenggara (Dispar Sultra) melakukan persiapan jelang penjurian 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2024.

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (kemenarekraf).

Sulawesi Tenggara berhasil meloloskan Desa wisata Labengki pada 50 besar, mengalahkan ribuan Desa wisata di Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata Sultra Belli HT mengatakan, ia bersama Dispar Konut dan tim Desata telah melakukan kunjungan visitasi untuk mengecek persiapan jika nantinya tim juri hadir di Provinsi julukan Bumi Anoa ini.

“Kita juga sudah cek beberapa homestay, terus ekonomi kreatif seperti souvenir kerang, dan destinasi-destinasi yang sekiranya bakal ditinjau oleh juri,” ungkapnya saat ditemui kantor Dispar Sultra, Selasa (2/7/2024).

Sedangkan untuk jadwal visitasi, Dispar Sultra masih menunggu jadwal kedatangan tim Juti dan Menteri Pariwisata Salahudin Uno untuk menyambangi salah satu Desa Wisata terbaik di Bumi Anoa.

Namun menurutnya, visitasi ini akan selesai sebelum akhir pemerintahan Kabinet Indonesia Maju di Bulan November.

“Kita masih menunggu jadwal dilakukannya visitasi oleh tim juri dari kemenparekraf. Terlebih kita ketahui pak Menteri telah melakukan visitasi di beberapa Desa wisata di Indonesia,” ungkapnya.

Olehnya ia berharap, Labengki dapat menjadi perwakilan Sulawesi Tenggara di pentas Nasional dan meraih hasil terbaik.

“Kita berharap Labengki dapat berbicara banyak di kanca Nasional dan insyaAllah tidak mengecewakan. Kita selalu optimis,” harapnnya.

Melansir laman Jadesta.kemenparekraf.go.id, Perjalanan ADWI tahun 2024 ini telah memasuki babak akhir kurasi. Proses yang dilalui begitu panjang, Labengki bersaing dengan 6.016 desa wisata Indonesia dan berhasil masuk dalam 50 Desa Wisata terbaik se-Indonesia. *(ST)

 

Editor:NZ