NewsEkonomi

Deputi Gubernur BI, Juda Agung Dorong Literasi Ekonomi Syariah Kepada Masyarakat

69
×

Deputi Gubernur BI, Juda Agung Dorong Literasi Ekonomi Syariah Kepada Masyarakat

Share this article

TERAMEDIA.ID,KOTA KENDARI- Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Juda Agung mengajak berbagai pihak untuk menyukseskan literasi ekonomi syariah kepada masyarakat.

 

Hal itu ia sampaikan dalam pembukaan kegiatan festival ekonomi syariah kawasan timur Indonesia 2024, di salah satu hotel di Kota Kendari, Senin (8/7/2024).

 

Juda menyebut, ekonomi syariah memiliki peran penting dalam membangun ekonomi secara nasional yang membawa nilai-nilai dan etika.

 

Akan tetapi kata Juda, dalam mengembangkan ekonomi syariah terdapat empat tantangan yang perlu diselesaikan secara bersama-sama, melibatkan berbagai stakeholder.

 

“Pertama masih tingginya ketergantungan kita terhadap bahan baku halal dari luar negeri, baik daging maupun bahan turunannya seperti yang digunakan dalam industri makanan, kemudian daging potong di dalam negeri belum semua tersertifikasi halal,” ungkap Agung.

 

Kemudian yang kedua rendahnya pangsa keuangan syariah. Hal ini antara lain disebabkan oleh inovasi produk keuangan syariah yang terbatas dan berbasis investor serta keuangan syariah yang belum kuat.

 

“Ketiga potensi pasar yang besar terkait dengan keuangan syariah di luar negeri dan dalam negeri belum berjalan dengan baik,” jelasnya.

 

Selanjutnya keempat masih rendahnya literasi ekonomi syariah di Indonesia, dimana pada saat ini masih di angka 28 persen.

 

Sementara, Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Sultra, Dony Septadijaya mengatakan lifestyle halal dapat membentuk ekosistem pasar yang kokoh di dalam negeri.

 

“Sehingga dapat membentuk pasar halal yang mandiri, bagi produsen produk halal baik bagi sektor kuliner, fashion, hingga industri keuangan syariah,” katanya. (NV)

editor:DN