NewsDaerahPendidikan

SMPN 5 Kolaka Utara Instruksikan Setiap Siswa Membawa Kantong Plastik Ke Sekolah Untuk Mengatasi Masalah Sampah

1033
×

SMPN 5 Kolaka Utara Instruksikan Setiap Siswa Membawa Kantong Plastik Ke Sekolah Untuk Mengatasi Masalah Sampah

Share this article

TERAMEDIA.ID.KOLAKA.UTARA- Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 5 Kolaka Utara (Kolut) yang berada di Kecamatan Batuputih membuat  program bawa kantong plastik ke Sekolah. Para peserta didik dihimbau agar membawa kanton plastik yang akan digunakan sebagai wadah sampah jajanan mereka yang kemudian dikumpulkan setelah jam pulang sekolah.

Juanda, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMPN 5 Kolaka Utara mengatakan, program ini diadakan setelah pihak sekolah kesulitan mengatasi persoalan sampah.

“kebijakan ini diambil setelah mengevaluasi beberapa kegiatan untuk mengatasi permasalahan sampah di Sekolah ternyata kurang berhasil,” ungkap Juanda, Selasa (07/05/2024)

Setelah mengevaluasi, pihak SMPN 5 Kolut kemudian memberikan beberapa opsi untuk mengatasi permasalahan sampah yang kemudian akan menjadi kebijakan sekolah.

“Kami bersama para guru memberikan 3 alternatif kepada peserta didik. Yakni membawa wadah makan dari rumah untuk makan; kedua, makan di Kantin tanpa meninggalkan sampah; dan ketiga, membawa kantong plastik atau karung bekas untukk menyimpan sampah masing-masing setelah makan. Alternatif ketiga inilah yang kami prioritaskan untuk diterapkan,” tuturnya.

Program yang telah berjalan selama 2 minggu ini diklaim sebagai upaya untuk meminimalisir sampah yang berserakan di sekitar lingkungan sekolah, sekaligus memberikan pelajaran penting bagi peserta didik untuk menumbuhkan kesadaran diri serta tanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan mereka tinggal.

“Harapannya program ini dapat berjalan dengan baik, dapat mewujudkan kesadaran untuk buang sampah, dan bisa terus berlanjut. Karena terbukti ya, sekolah menjadi lebih bersih,” tutupnya. *(AF/M)

 

Editor:NZ