NewsDaerahSosial Budaya

Serius Mempertahankan Tradisi Seni Budaya, Pemda Wakatobi Launching Sanggar Seni Bajo Mola

398
×

Serius Mempertahankan Tradisi Seni Budaya, Pemda Wakatobi Launching Sanggar Seni Bajo Mola

Share this article

TERAMEDIA.ID, WAKATOBI – Sadar akan banyaknya tradisi dan seni budaya yang unik dan masih dipertahankan khususnya di Kawasan Bajo Mola Wakatobi, masyarakat dan pemerintah kabupaten membentuk Sanggar Seni Bajo Mola.

Membangun kolaborasi antara pemerintah wakatobi dan masyarakat Bajo Mola, menyadari akan pentingnya tradisi dan seni budaya yang terus dipertahankan serta bagaimana menyajikan kearifan local ini kedalam tampilan yang menarik dengan melalui pembinaan yang lebih terstruktur, sehingga dianggap penting hadirnya satu Lembaga Bersama seperti Sanggar Seni.

Menurut Nurdin S.A.G, selaku Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Wakatobi meski inisiasi oleh pemerintah namun Lembaga sanggara seni ini, full diserahkan kepengurusannya kepada masyarakat Bajo Mola.


“ di lima desa di di kabupaten wakatobi Inisiatif terbentuknya ini adalah karena kami merasa bahwa terlalu banyaknya nilai-nilai budaya atau budaya-budaya yang ada di masyarakat kami,  masyarakat Bajo. Namun sampai hari ini kami belum bisa menampilkan hal-hal terbaik karena kami sadar bahwa belum ada pembinaan-pembinaan yang terstruktur sehingga seluruh kegiatan budaya yang ada di masyarakat kami sebagai masyarakat Bajo yang begitu banyak tetapi belum bisa kami ekspos secara jelas kemudian melalui pembentukan Sanggar Seni ini harapan besar kami titipkan kepada teman-teman generasi muda mari kita tunjukkan nilai-nilai budaya yang begitu banyak khususnya di bajo mola “ ucap Nurdin.(26/10/2023).

Lebih Lanjut diharapkan kedepannya seni budaya Bajo bisa eksis dan bisa memberikan hal terbaik untuk pembangunan di Wakatobi, khususnya di desa Mola Raya. Diharapkan juga di seluruh stokholden yang ada terutama di jajaran pemerintah Desa dengan adanya sanggar ini bisa memberikan inisiatif dan kreatifitas baru/

Prosesi Launching Sanggara Seni Bajo Mola ini, dilakukan langsung oleh BUpati Wakatobi Haliana, dan disaksikan sejumlah pejabat pemerintah daerah wakatobi, tokoh masyarakat bajo mola, pemerintah desa mola raya dna masyarakat sekitar. **(Red)