NewsKesehatan

Sekda Sultra Buka Resmi Soft Opening Pelayanan Poli Rawat Jalan RDJPDO

118
×

Sekda Sultra Buka Resmi Soft Opening Pelayanan Poli Rawat Jalan RDJPDO

Share this article

TERAMEDIA.ID, KENDARI – Sekretaris Daerah (Sekda) Sulawesi Tenggara (Sultra) Asrun Lio membuka secara resmi Soft Opening, Pelayanan Poli Rawat Jalan Rumah Sakit Jantung, Pembuluh Darah dan Otak Oputa Yii Koo (RSJPDO), di Loby RSJPDO, Selasa, (12/12/2023).

Asrun Lio dalam sambutannya sekaligus meresmikan pembukaan Poli Rawat Jalan RSJPDO mengatakan, peresmian ini penuh dengan harapan dapat memberikan pelayanan terbaik.

Terlebih, menurutnya, melihat dari fasilitas, RDJDO ini memiliki kelengkapan termewah dan termegah. Sebab ini merupakan Rumah Sakit Jantung tipe B, sedang konstruksinya tipe A sehingga manajemennya tipe A.

“Oleh itu nantinya akan bertahap, di evaluasi dan mendapat predikat yang kita harapkan lebih baik lagi RS dengan tipe A,” ungkapnya.

“Perasaan ini sudah beberapa kali diresmikan ini ada peresmian yang belum ditandai dengan penandatanganan prasasti Bapak Gubernur dan Wakil pada periode 2018-2023 pada masanya memang ini dinanti oleh masyarakat kalau di Jakarta ada Rumah Sakit Harapan kita kalau RS Harapan Sultra yaitu RSJPDO,” tambahnya.

Asrun Lio juga menjelaskan, pihaknya terus memberikan laporan berkala secara terus-menerus yang membuat pihak Kementerian Kesehatan memberikan respon yang sangat baik terhadap RSJPDO Sultra.

“Itu dibuktikan dengan kucuran dana diberikan terdapat pembangunan Rumah Sakit Jantung, Pembuluh Darah dan Otak Oputa Yii Koo kepada mereka yang telah berjasa dalam menyiapkan dokumen, bernegosiasi, menyakinkan pusat dan daerah tentu sangat luar biasa,” sambungnya.

Dalam sisi peralatan menurut Asrun Lio tidak terjadi masalah. Alat kesehatan sekarang di prioritaskan oleh Kementerian Kesehatan khususnya rumah sakit ini.

Olehnya ia meminta Direktur bersama Tim untuk mengidentifikasi kembali alat-alat kesehatan. Serta dapat mengajukan di kementerian untuk dapat diberikan bantuan pola yang berbeda khususnya alatnya sudah mengalami perubahan sehingga alat yang dipersiapkan dari pusat yang disiapkan untuk kebutuhan RSJDO.

“Secara bertahap RS ini alat-alat dapat di fungsikan dan di operasionalkan sehingga hari ini dilakukan Soft Opening pemberian pelayanan rawat jalan sambil jalan RS ini bisa di rawat dan ada tenaga-tenaga yang telah ditempatkan disini, sudah ada tenaga medis, tenaga resepsionis, tenaga-tenaga pendukung yang ada di RS supaya bisa berfungsi dengan baik, maka kita awali dengan rawat jalan ini,” ungkapnya.

“Pada hari-hari, bulan dan tahun kedepan tahun 2024 tidak lama lagi kita akan beralih tahun. Oleh karna itu, 2023 kita akhiri dengan resolusi yang terbaik, segmen-segmen terbaik dari RS Jantung dan Selamat juga mendapat predikat terbaik untuk kategori pelayanan keterbukaan informasi publik terhadap pelayanan masyarakat,” tambahnya.

Diketahui, usai memberikan sambutan, kegiatan ini dilanjutkan dengan sesi pemotongan tumpeng oleh Sekda Sultra, didampingi Plt. Direktur RSJPDO dan Ketua Komite Medik atau perwakilan Dokter Spesialis, dalam rangka Soft Opening, Pelayanan Poli Rawat Jalan RSJPDO sehingga secara resmi dibuka layanan rawat jalan RSJPDO.

Terakhir, Sekda Sultra mengunjungi ruang pelayanan mulai dari UGD, Ruang Operasi, Ruang Tindakan Operasi dan ruang lainnya, mulai dari lantai 2,3 dan 1 didampingi Plt Direktur RSJPDO, Kepala OPD Lingkup Pemprov Sultra, Dokter Spesialis dan Pejabat terkait.*(ST)