News

Pulihkan Ekosistem Laut, PT MBSS Lakukan Transplantasi Terumbu Karang di Bokori

268
×

Pulihkan Ekosistem Laut, PT MBSS Lakukan Transplantasi Terumbu Karang di Bokori

Share this article

TERAMEDIA.ID, KENDARI – PT Mitrabahtera Segera Sejati (MBSS) Tbk, berkomitmen menjaga dan memulihkan ekosistem laut. Perusahaan ini bergerak dibidang pelayaran yang berfokus pada Jasa pengangkutan laut dan transhipment.

Gerakan pelestarian ekosistem laut ini dilakukan oleh PT MBSS bersama perusahaan Kemala Shipping, dan Galley Adhika Arwama yang berada pada satu naungan perusahaan Daidan Grup.

Wujud bukti komitmen itu di buktikan melalui inisiasi dengan melakukan transplantasi Terumbu karang di Pulau Bokori, kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis, (7/12/2023).

Kegiatan transplantasi Terumbu Karang ini berkejasama dengan OK Dive, BPSPL Makassar Satker Sultra, dan melibatkan pihak fakultas Perikanan Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) dan Universitas Haluoleo (UHO) hingga Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sultra.

CSR Asisten Manajer PT MBSS, Tito Prasetya menyampaikan, kegiatan ini bagian dari pengaplikasian aturan dan rangkaian keturutsertaan perusahaan dalam melestarikan kehidupan dibawah laut.

“CSR kita Kali ini kita harapkan dapat berkelanjutan, sebab kita telah memasuki tahun kedua melakukan transplantasi terumbu Karang di pulau Bokori,” jelasnya saat diwawancarai awak media.

Pelestarian kehidupan bawah laut juga merupakan bagian dari Visi Misi Daidan Grup. Pada kegiatan ini, 200 terumbu karang ditanam dengan media transplantasi karang berupa rak spider sebanyak 200 buah dan empat Vertical Artificial Reef (VAR) khusus pembibitan.

Tito Prasetya mengungkapkan, pihaknya memiliki visi yang sama dengan pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Pasalnya Daidan Grup serta PT MBSS memeiliki visi untuk melestarikan kehidupan biota laut.

“Kurang lebih sama, kemarin juga kami ada penanaman mangrove di Kolaka dan pelatihan sampai pada hari ini transplantasi terumbu karang,” ungkapnya.

Dirinya berharap, kolaborasi ini terus berlanjutan, dan kegiatan transplantasi terumbu karang dapat membantu rencana pemerintah menjadikan pulau Bokori sebagai salah satu destinasi selam serta menjadi wadah penelitian bagi para mahasiswa di Sulawesi Tenggara khususnya kota Kendari.

“Mudah-mudahan bisa terus berlanjut kerjasama dan kolaborasinya, dan sesuai dengan yang divisikan Bokori stock center dapat menjadi saran edukasi buat penerus khususnya generasi muda di Kendari dan dimanapun,” pungkasnya.

Sementara itu, mewakili Kadis Kelautan dan Perikanan Sultra, Pengelolaan Sistem Laut Pesisir, Laode Musni menyampaikan, pemerintah provinsi sangat mensupport kegiatan transplantasi Terumbu Karang.

Dengan adanya kegiatan ini, menurutnya,melalui kegiatan ini berdampak terjaganya ekosistem laut, untuk keberlangsungan hidup biota-biota lain yang ada dilaut.

“Dari masing-masing kita memiliki peranannya, banyak manfaat yang diterima bagi biota lain sebagai tempat bermain. Sedang masyarakat dapat memaafkannya sebagai objek penelitian,” ujarnya.

Ditempat yang sama, BPSPL Makassar, Jufri mengatakan, pelaksanaan transplantasi terumbu karang telah masuk tahun kedua di lakukan, untuk tahun ini menurunkan sebanyak 200 media model spider. Tak hanya penanaman, selanjutnya akan dilakukan monitoring dan pergantian pregmen karang yang mati.

“Lokasi penanaman itu di kawasan koral stock center pulau Bokori, yang sudah dibentuk sejak 2021 oleh Balai pengelolaan laut dan pesisir makassar serta mendapatkan izin pemanfaatan ruang laut dengan luas 2,8 hektare, ”

Koral stoc center juga di fungsikan sebagai penyedia bibit sehingga kegiatan rehabilitasi yang ada di Sulawesi Tenggara akan di suplay dari koral stoc center. Hal ini agar pengambilannya tidak lagi di alam, selain itu bisa menjadi lokasi penelitian karang dan tentunya tempat wisata bawah laut.

Di tempat yang sama, OK dive, Mohammad Rais menerangkan, yang dilakukan hari ini adalah penurunan media transplantasi karang yang berupa rak spider dan Vertical Artificial Reef (VAR) khusus pembibitan.

Setelah penurunan itu, tim merapikan lokasi penempatannya dan juga media bertuliskan PT MBSS sebagai monumen dari Founding CSAR.

“Kemudian tadi juga setelah diturunkan kemudian dirapikan ada juga media yang yang bertuliskan PT. MBSS sebagai kenang-kenangan dari Founding CSAR,” pungkasnya.

Diketahui, pada kegiatan ini juga pihak PT MBSS memberikan cendramata kepada pihak Pemerintah Desa Bajo, Ok Dive, Dinas Kelautan dan perikanan Sultra, serta BPSPL Satker Sultra sebagai mitra kolaborasi kegiatan transplantasi Terumbu Karang di Pulau Bokori Kabupaten Konawe. *(ST)