NewsDaerahPariwisata

Penguatan Kapasitas Pelayanan Daya Tarik Wisata, Dispar Konsel Gelar Pelatihan Pengelolaan Toilet

155
×

Penguatan Kapasitas Pelayanan Daya Tarik Wisata, Dispar Konsel Gelar Pelatihan Pengelolaan Toilet

Share this article

TERAMEDIA.ID, KOTA KENDARI – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Konawe Selatan dalam rangka Program Pengembangan Sumber Daya Manusia sektor Pariwisata, melalui bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Kepariwisataan dan Ekoonomi Kreatif menggelar Pelatihan Pengelolaan Toilet di Destinasi Pariwisata, bertempat di salah satu hotel di Kota Kendari ( 18/10/2023).

Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan ini, Kepala Dinas Pariwisata Konawe Selatan Adywarsyah Toar menegaskan bahwa kegiatan ini menjadi penting mengingat Konawe Selatan memiliki banyak layanan pariwisata yang tersebar di sejumlah Desa.

” Kita berharap para peserta menyerap betul materi dari para narasumber, dan mengikuti praktek visitasi lapangan untuk melihat dan mempraktekkan langsung bagaimana pelayanan toilet yang standar untuk bisa di terapkan di lokasi wisata masing-masing peserta nantinya, setelah selesai kegiatan ini ” ucap Adywarsyah.

Sementara itu Suartin Sianti selaku Kepala Bidang PSDM Dispar Konsel dalam sambutan panitia kegiatannya mengungkapkan, bahwa kegiatan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus Kementrian Pariwisata dan mengikutkan 40 peserta yang terdiri dari pengelola objek wisata, pokdarwis, hingga kepala desa dalam wilayah Konawe Selatan. Kegiatan ini sendiri berlangsung selama 3 hari sejak tanggal 18 hingga 20 Oktober 2023, untuk kelas materi mengambil tempat di Salah Satu Hotel di Kendari sementara untuk visitasi dan praktek lapangan akan mengambil lokasi di salah satu objek wisata yang ada di Kota Kendari.

Untuk narasumber sendiri, penyelenggara kegiatan mengundang perwakilan dari Ahli Kesehatan lingkungan dan narasumber lain dari Praktisi Desa Wisata.**(Red)