NewsMetro

Mudik Lebaran 2024, KSOP Kendari Akan Siapkan 11 Kapal Cepat

578
×

Mudik Lebaran 2024, KSOP Kendari Akan Siapkan 11 Kapal Cepat

Share this article

TERAMEDIA.ID, KENDARI – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Kendari akan menyiapkan 11 kapal cepat bagi calon penumpang pada saat arus mudik Lebaran Idul Fitri tahun 2024.

KSOP Kendari juga akan mensiagakan satu posko induk dan empat perwakilan di setiap terminal. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang saat arus mudik lebaran 2024.

“Untuk kapal, kami menyiapkan empat kapal cepat tujuan Kendari-Raha dan Baubau, tujuh kapal malam yang melayani Kendari-Raha dan Wanci,” ujar Kepala KSOP Kelas II Kendari Capt Rahman pada Rabu (27/3/2024).

Dikatakan, dengan adanya kapal cepat dan kapal malam tersebut bisa mengantisipasi adanya lonjakan penumpang. Pihaknya memprediksi, peningkatan penumpang akan terjadi pada 7 Maret 2024.

“Mulai tanggal 7 Maret sudah terjadi peningkatan penumpang,” kata Rahman.

Lebih lanjut, Rahman menyebut, angkutan laut memiliki risiko yang tidak kalah besar dibandingkan dengan transportasi lainnya. Oleh karena itu, perlu adanya perhatian khusus dalam menjaga keselamatan kapal, penumpang dan kru kapal.

“Perlu juga kami imbau kepada masyarakat agar dapat mempersiapkan perjalanan dengan baik seperti membeli tiket secara online, datang tidak jauh-jauh hari agar tidak terjadi penumpukan penumpang di terminal,” pungkasnya.*(DW)

editor:DN