NewsPendidikan

Jaringan Jadi Kendala Kantor Bahasa Sultra Saat Gelar Uji Kemahiran Bahasa Indonesia Adaptif

90
×

Jaringan Jadi Kendala Kantor Bahasa Sultra Saat Gelar Uji Kemahiran Bahasa Indonesia Adaptif

Share this article

TERAMEDIA.ID, BUTON – Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (KBST) melaksanakan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif di Kabupaten Buton. Kegiatan ini dilaksanakan di tiga sekolah, yakni SMAN 1 Pasarwajo, SMKN 1 Buton, dan SMPN 1 Buton.

Kegiatan yang diikuti 300 siswa ini digelar untuk mensosialisasikan manfaat dan keunggulan UKBI sebagai alat ukur kemahiran berbahasa Indonesia.

Saat membuka kegiatan, Kepala KBST, Uniawati menyampaikan, agar para peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat menjadi perpanjangan tangan informasi tentang pentingnya UKBI.

“Sekolah yang telah mendapatkan sosialiasi dan pengujian UKBI dapat menyebarluaskan informasi tersebut secara menyeluruh, baik kepada pihak internal maupun eksternal sekolah, di Kabupaten Buton,” ujarnya dalam keterangan rilisnya, Rabu (7/2/2024).

Kegiatan UKBI Adaptif Merdeka ini diikuti dengan antusias oleh para siswa-siswi dan disambut baik oleh sekolah. Namun, dalam pelaksanaannya, jaringan internet yang masih kurang memadai menjadi kendala tersendiri dalam pelaksanaannya.

Sebagian besar siswa terkendala dalam mengerjakan soal karena jaringan yang tidak stabil. Akibatnya, tidak semua siswa dapat menyelesaikan ujian.

“Dari sekitar 300 siswa yang berhasil mendaftar, hanya 182 siswa yang berhasil mengikuti ujian sampai selesai”, ujar Febri, Koordinator Tim UKBI di Kabupaten Buton.

Diketahui, Siswa yang belum berhasil menyelesaikan ujian dijadwalkan kembali untuk melaksanakan ujian secara mandiri yang difasilitasi pihak sekolah. *(ST).

editor:DN