NewsBencana / KecelakaanMetro

Dua Kapal Bertabrakan di Perairan Tanjung Pemali Buton, Kapten KM Sumber Rejeki 03 Meninggal Dunia

368
×

Dua Kapal Bertabrakan di Perairan Tanjung Pemali Buton, Kapten KM Sumber Rejeki 03 Meninggal Dunia

Share this article

TERAMEDIA.ID, KENDARI – Dua buah kapal laut terlibat kecelakaan di perairan Tanjung Pemali Buton provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada, Sabtu 20 Oktober 2023 kemarin.

Kejadian tersebut melibatkan kapal KM Sumber Rejeki 03 yang memuat enam orang Anak Buah Kapal (ABK) dan berlabuh dari binongko menuju Baubau, dan bertabrakan dengan Kapal MV Sami yang sedang berlayar menuju Maluku Utara.

“Pada pukul 08.20.Wita RB 210 tiba di lokasi kecelakaan dan mengevakuasi 5 orang ABK Kapal KM Sumber Rejeki 03, serta melanjutkan dengan melakukan pencarian satu orang ABK yang di duga terjatuh di laut,” ungkap Kepala KPP Kendari, Muhamad Arafah.

Saat sedang dievakuasi, nahkoda kapal KM Sumber Rejeki 03 tiba-tiba tidak sadarkan diri, dan dilarikan ke puskesmas terdekat.

Kepala KPP Kendari, Muhamad Arafah, melalui Humas menerangkan, setibanya di Puskesmas Gerak Makmur, Korban mendapatkan penanganan medis. Namun memasuki pukul 10.15 WITA, kapten KM Sumber Rejeki 03 menghembuskan nafas terakhirnya.

“Nahkoda Kapal KM Sumber Rejeki 03 dinyatakan meninggal dunia oleh dokter yang bertugas menangani di Puskesmas tersebut,” ujarnya.

Diketahui pula akibat kecelakaan kapal tersebut, mengakibatkan salah seorang ABK KM Sumber Rejeki 03 diduga terjatuh ke laut dan terpisah dari rekan-rekannya.

Tim SAR Gabungan melakukan pencarian dengan menyisir disekitar lokasi kecelakaan kapal dengan luas area 52 Mil Laut.

“Tim 1 dengan menggunakan RB 210 menyisir sebelah barat dari area pencarian, Tim 2 dengan menggunakan KM Sumber Rejeki 02 menyisir sebelah timur dari area pencarian,” ungkap, Muhammad Arafah.*(ST)