NewsMetro

Apkulindo Sultra Manfaatkan STQH, Siap Gelar Roadshow Kuliner di 17 Kabupaten/Kota

×

Apkulindo Sultra Manfaatkan STQH, Siap Gelar Roadshow Kuliner di 17 Kabupaten/Kota

Share this article

TERAMEDIA.ID, KOTA KENDARI- Pengusaha Kuliner Indonesia (Apkulindo) Sulawesi Tenggara memanfaatkan momentum Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) sebagai ajang strategis untuk memperkenalkan produk kuliner khas daerah kepada masyarakat luas. Ketua terpilih Apkulindo Sultra, H. Rahman, menyebut STQH menjadi pintu emas untuk menampilkan potensi kuliner lokal agar lebih dikenal dan mampu bersaing, tidak hanya di tingkat regional, tetapi juga nasional hingga internasional.

“STQH ini adalah momentum besar. Seluruh masyarakat akan hadir, dan inilah kesempatan kita memperlihatkan kuliner Sultra sebagai kebanggaan daerah. Kami ingin menjadikan kuliner bukan hanya kebanggaan lokal, tapi juga berdaya saing hingga nasional bahkan internasional” ujarnya. Kamis (2/10).

Dalam kesempatan itu, Rahman mengumumkan rencana roadshow kuliner yang akan digelar di 17 kabupaten dan kota di Sultra. Kegiatan ini akan menghadirkan produk-produk kuliner unggulan yang telah melalui proses kurasi, dengan kualitas rasa, kemasan, dan branding yang mampu bersaing di pasar. Ia menegaskan bahwa agenda roadshow bukan sekadar pameran, melainkan juga ruang pembelajaran bagi pelaku usaha kuliner daerah agar bisa setara dalam pengetahuan, keterampilan, dan strategi pengembangan usaha.

Rahman menambahkan bahwa kehadiran Apkulindo juga diharapkan dapat membantu memutar roda perekonomian di berbagai kabupaten dan kota. Dengan merata, perputaran ekonomi akan semakin terasa manfaatnya bagi masyarakat “Tujuan kita sederhana, perputaran ekonomi harus merata di kabupaten kota. Dengan begitu, keadilan sosial bisa benar-benar dirasakan oleh semua” tegasnya.

Saat ini, Apkulindo Sultra baru mencatat sekitar 200 anggota dengan kepengurusan 41 orang. Namun, target besar telah dipatok, yaitu menjaring 1.000 anggota hingga akhir tahun. Setelah pelantikan ini, pihaknya segera melantik pengurus baru di empat hingga lima kabupaten kota yang telah menyatakan siap bergabung.

Sementara itu, Ketua Umum Apkulindo, Masbukhin Pradhana, yang hadir dalam acara tersebut mengingatkan pentingnya kualitas rasa dan kemasan dalam mengembangkan usaha kuliner. Menurutnya, momentum STQH sangat tepat untuk mengangkat kuliner daerah ke panggung yang lebih luas “Kuliner harus enak, bergizi, dan dikemas dengan baik. Promosi lewat momen besar seperti STQH adalah langkah tepat. Tinggal kita perkuat pelatihan digital marketing dan akses permodalan, maka kuliner Sultra akan semakin dikenal” katanya.

Dengan sinergi bersama pemerintah provinsi, kabupaten kota, lembaga keuangan, dan para pelaku UMKM, Apkulindo Sultra optimistis kuliner daerah mampu menjadi ikon kebanggaan baru.*(MW)