NewsPolitik

Teken NPHD Pilkada Tahun 2024 Bersama KPU, Bupati Konsel Harap Sukses Penyelenggaraan

132
×

Teken NPHD Pilkada Tahun 2024 Bersama KPU, Bupati Konsel Harap Sukses Penyelenggaraan

Share this article

TERAMEDIA.ID, KONSEL – Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu melaksanakan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) tentang pelaksanaan penyelenggaraan pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Konawe Selatan Tahun 2024.

Naskah Perjanjian itu diteken langsung oleh Bupati Konsel, Surunuddin Dangga, Ketua KPU Konsel, Yunan dan Ketua Bawaslu Konsel, Siambu, di lantai 2 Ruang Rapat Bupati, Rabu (1/11/2023).

Dalam naskah itu tertera, Pemda menggelontorkan dana hibah segar dengan total kurang lebih Rp54 Miliyar untuk NPHD kepada KPU Konsel, dan kurang lebih Rp19 Miliyar diberikan ke Bawaslu Konsel untuk penyelenggaraan Pilkada tahun depan.

Dukungan anggaran ini bersumber dari APBD Pemda Konawe Selatan Tahun 2023 dan 2024, itu akan ditransfer langsung dari kas daerah ke rekening hibah yang dikelola masing masing lembaga.

Selanjutnya menjadi tanggung jawab KPU dan Bawaslu secara formal maupun material terhadap penggunaan belanja dana hibah.

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga menyampaikan, sebelum penandatanganan NPHD telah dilaksanakan berbagai tahapan dan proses ketat dengan berbagai review, agar penyelenggaraan berjalan dengan baik, taat hukum sesuai mekanisme serta aturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kegiatan ini merupakan agenda bersama dan wajib kita support seluruhnya, meski beberapa kegiatan ditunda demi pelaksanaan dan kesuksesan pesta demokrasi,” timpal Bupati dua Periode itu.

Ia melanjutkan, sinergitas mesti terbangun antar semua pihak dalam melaksanakan dan mensukseskan kegiatan Pemilu, Pilcaleg dan Pilkada tahun 2024.

“Mari kita tingkatkan sinergitas, karena kesuksesan Pilkada adalah bukan milik lembaga saja namun membawa dan mempertaruhkan nama daerah Konawe Selatan,” tegasnya.

Surunuddin menambahkan, sebagai bentuk dukungan pelaksanaan dalam membangun dan menciptakan ketertiban dan kelancaran pesta demokrasi, pihaknya telah menyiapkan 2000 Linmas dalam membantu tugas TNI – POLRI.

Dirinyapun berharap, pasca penyelenggaraan tidak ada tindakan perbuatan melawan hukum dan terbentuk proses pemilu yang lebih baik, sukses pelaksanaan serta tertib administrasi yang bisa dipertanggungjawabkan.

“Telah kita siapkan 2000 Linmas untuk membantu tugas TNI – POLRI, agar terwujud pemilu yang damai,” tutupnya.

Sementara Ketua KPU Yunan menyampaikan terimakasihnya kepada pemerintah. Penandatanganan NPHD ini bagian dari komitmen dukungan kepada penyelenggaraan pilkada tahun 2024.

“Ini juga sekaligus transparannya pengelolaan dan adanya pengawasan bersama penggunaan anggaran dana hibah yang murni bersumber dari APBD Konawe Selatan,” sambungnya.

Menurutnya ini menandakan terbangunnya sinergitas dan kolaborasi antar para pihak dalam mewujudkan pemilu dan demokrasi yang jujur, adil, transparan, damai, berintegritas dan sukses penyelenggaraan.*(ST)