NewsSosial Budaya

Tahun 2024, KBST Bakal Revitalisasi Bahasa Tolaki dengan Dukungan Pemprov Sultra

124
×

Tahun 2024, KBST Bakal Revitalisasi Bahasa Tolaki dengan Dukungan Pemprov Sultra

Share this article

TERAMEDIA.ID, KENDARI – Kepala Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara (KBST) menyambangi Kantor Gubernur dalam rangka koordinasi soal rencana Revitalisasi Bahasa Tolaki, pada Selasa, (16/1/2024).

Rencana pelaksanaan Revitalisasi Bahasa Tolaki tahun 2024 ini mencakup tujuh kabupaten/kota diwilayah tutur bahasa Tolaki.

Kepala Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara (KBST), Uniawati mengatakan bahwa kegiatan revitalisasi bahasa daerah ini membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah agar dapat terlaksana dengan baik.

Guna memuluskan rencana tersebut, pada bulan Februari, akan dilaksanakan rapat koordinasi yang dihadiri oleh para pemangku kepentingan untuk meratifikasi komitmen bersama dalam penyuksesan revitalisasi bahasa daerah ini.

Selain dalam bentuk peningkatan kompetensi bagi guru, revitalisasi ini juga akan berupa Festival Tunas Bahasa Ibu.

“Festival Tunas Bahasa Ibu akan dilaksanakan secara berjenjang mulai tingkat kabupaten hingga provinsi,” jelasnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Sultra menyambut baik kunjungan KBST ini.

Ia menyampaikan dukungan penuh atas upaya pelestarian bahasa daerah yang dilaksanakan oleh KBST. Andap berpesan agar bahasa daerah dapat digunakan minimal di ranah keluarga, dan ada peningkatan kesadaran penggunaan bahasa daerah pada generasi sekarang.

Selain itu, mantan Kapolda Sultra ini berharap revitalisasi yang akan dilakukan tidak hanya pada satu bahasa, tetapi seluruh bahasa daerah di Sulawesi Tenggara.

“Saya berharap bahasa daerah di Sulawesi Tenggara yang jumlahnya ada sembilan itu dapat dilakukan revitalisasi,” ujarnya. *(ST).

editor:DN