PariwisataHeadline

Pulau Anano, Rumah Bagi Ribuan Tukik di Wakatobi

917
×

Pulau Anano, Rumah Bagi Ribuan Tukik di Wakatobi

Share this article
Tukik di pulau anano (foto:teramedia.id)

TERAMEDIA.ID, WAKATOBI – Kabupaten Wakatobi bukan hanya terkenal dengan wisata bawah lautnya yang mengagumkan, namun pulau-pulau berpenghuni maupun tidak di wilayah ini tidak kalah indah yang membuat para wisatawan jatuh hati.

Salah satu Pulau yang tidak memiliki penduduk di wakatobi adalah PUlau Anano. Pulau ini terletak bersebelahan dengan Pulau Runduma. pulau ini tidak dihuni oleh manusia, melainkan dihuni oleh Penyu Hijau jumlah habitatnya pun sangat banyak. Sehingga banyak masyarakat pulau runduma merasa bahwa penyu ini sudah menjadi hama karena sering memakan rumput laut yang dibudidayakan oleh masyarakat sekitar.

Pulau Anano

Pulau yang dikelilingi oleh pasir putih yang lembut dan tebal ini memiliki daya tarik yang mempesona bagi siapapun yang berkunjung ke pulau ini. Terumbu karangnya pun sangat indah dengan Visbilty terbaik yang akan memanjakan mata para penyelam. Berbagai jenis ikan berkumpul dipulau ini, mulai dari Hiu, Paus, Lumba-Lumba, Baracuda, Marlin, Simba, Ikan Pari dan lainnya. Habitat burung pantai pun banyak yang menghuni pulau ini.

Seorang Photographer profesional Muizt Bojest mengungkapkan bahwa dipulau ini hanya ada tim pengawasan dari Balai Taman Nasional untuk menyelematkan tukik-tukik atau anak penyu dan menyiapkan rumah pengawasan.

” saya sering motret di pulau anano dan runduma, menarik memang, meski sedikit butuh waktu berlayar dari wangi-wangi tapi saya yakin wisatawan tidak akan kecewa tiba disini. DIpulau ini jadi tempat bertelurnya penyu, nah kawasan ini dijaga oleh tim taman nasional wakatobi, agar telur-telur penyu bisa diselamatkan hingga menjadi tukik baru dilepaskan kembali ke lautan. Dan setahun bisa ribuan telur penyu tertimbun dipulau ini. ” ucap bojest (22/11/2023).

Jadi di Pulau Anano ini wisatawan bisa melihat langsung telur-telur penyu dan tukik yang dilestarikan disertai pemandangan pulaunya yang sangat indah.Jika ingin berkunjung ke pulau anano, anda membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam dari Wangi-wangi ibu kota kabupaten wakatobi. Lakukan perjalanan di waktu-waktu musim teduh jangan berkunjung disaat musim angin atau cuaca yang tidak bersahabat.*(AN)