NewsMetro

Permudah ASN Mengelola Keuangan di UPTD Puskesmas, BKAD Kota Kendari Luncurkan Inovasi Daerah “Modus Pelaku”

108
×

Permudah ASN Mengelola Keuangan di UPTD Puskesmas, BKAD Kota Kendari Luncurkan Inovasi Daerah “Modus Pelaku”

Share this article

TERAMEDIA.ID,KOTA KENDARI- Kepala Bidang (Kabid) Akuntansi dan Pelaporan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) meluncurkan inovasi daerah yang dinamai Modul Penyusunan Laporan Keuangan (Modus Pelaku).

Diketahui “Modus Pelaku” ini merupakan satu dari 16 inovasi daerah yang dilaunching oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Rabu (25/10/2023) Kemarin.

Kabid Akuntansi dan Pelaporan BKAD Kota Kendari, A. Ikrar Anggara Sakra mengatakan Modus Pelaku atau MODUL penyusunan laporan keuangan BLUD pada UPTD Puskesmas lingkup Kota Kendari ini disusun bertujuan untuk memudahkan bagi Aparatur pengelola keuangan di UPTD Puskesmas.

Sehingga pada saat penyusunan laporan keuangan bisa sesuai Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) yang dapat digunakan sebagai acuan atau petunjuk dalam menyusun perencanaan kegiatan BLUD UPTD Puskesmas.

“Proses penatausahaan belanja, dan proses akuntansi guna menghasilkan Laporan Keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) berdampak pada meningkatnya kualitas laporan keuangan,” ungkapnya, Kamis (26/10/2023).

Ia juga mengatakan jika hal ini tentu saja dapat memberikan informasi yang relevan dan handal, mengenai posisi keuangan dan transaksi yang dilakukan.

“Sehingga efektifitas, efisiensi dan kondisi keuangan Puskesmas dapat dievaluasi dan dinilai,” jelasnya.

BKAD Kota Kendari sendiri melalui bidang Akuntansi Dan pelaporan saat ini tengah melakukan pengembangan Kapasitas SDM Pengelola Keuangan di Puskesmas.

Sebagai sampel pertama dalam jangka pendek dengan melaksanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan penyusunan Laporan keuangan BLUD puskesmas dengan menggunakan modul- modul penyusunan laporan keuangan BLUD Puskesmas.

“Bertujuan Aparatur Pengelola keuangan Puskesmas dapat menyusun laporan keuangan BLUD puskesmas pada saat akhir tahun dengan cepat dan tepat sesuai standar SAP,” ujarnya.

Ia berharap kegiatan pelatihan dan pendampingan ini akan dilaksanakan pada Puskesmas lain di lingkup Pemerintah Kota Kendari.*(NV).