NewsEkonomiNasional

Menteri Koperasi dan UKM RI Buka Expo UMKM Industri Kreatif dan Ekonomi Digital di Wakatobi Wave2023

183
×

Menteri Koperasi dan UKM RI Buka Expo UMKM Industri Kreatif dan Ekonomi Digital di Wakatobi Wave2023

Share this article

TERAMEDIA.ID, WAKATOBI – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki secara resmi membuka gelaran Expo UMKM Industri Kreatif dan Ekonomi Digital dalam rangkaian Event Wakatobi Wave 2023 (2/11/2023).

Sebelum membuka secara resmi kegiatan ini, Teten Masduki menyempatkan diri untuk menikmati Spot Penyelaman di Sekitar Pulau Wangi Wangi dan mengakui keindahan Bawah Laut wakatobi yang menurutnya berkelas internasional, dan potensi tersebut menjadi salah satu sumber kekuatan ekonomi untuk Wakatobi dan Sulawesi Tenggara.

Teten Masduki dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa Presien Jokowi saat ini tidak menginginkan lagi ekspor bahan mentah namun bagaimana sumbar daya yang ada bisa diolah di dalam negeri, dengan banyaknya kekuatan sumber daya alam yang dimiliki indonesia.

” Jadi kita udah masuk menjadi negara Menengah Atas, untuk menjadi negara maju 20 tahun lagi 2045 itu minimum pendapatan perkapita 13.200 dolar, masalah ya hari ini 97% lapangan kerja itu disediakan oleh mikro, dan sektor mikro dan kecil ini rata-rata usahanya itu bersifat ekonomi subsisten atau hanya untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Sebagian besar adalah informal karena itu Kita bisa gagal menjadi negara maju kalau kita tidak segera menyediakan lebih program industrialisasi” ujar Teten

Lanjut Teten Masduki ” Pak Jokowi sudah tidak mau ekspor bahan mentah, industrialisasi harus dicipataka, bahan mentah diolah didalam negeri, dan dapat menghasilkan lapangan kerja baru pastinya.” Tutupnya.

Dari data yang diperoleh oleh Mentri Koperasi dan UKM Sulawesi tenggara memiliki nilai budidaya rumput laut mencapai 3.950 Ton, padahal luas lahan sekitar 5.236 Hektar yang tersebar di beberapa pulau. Artinya potensi yang ada masih bisa dimaksimalkan.

Saat ini Indonesia mempersiapkan diri tahun 2045 menjadi negara maju, dengan menggenjot pendpatan perkapita dari 4.500 Dolar bisa menuju 13.200 Dolar standar minimum pendpatan perkapita dunia.Menuju ini semua tentu penguatan kapasitas sumber daya UMKM dan teknologi saat ini sedang di genjot oleh pemerintah, dan diharapkan wakatobi pun bisa seiring berjalan.

Didampingi Bupati Wakatobi, Mentri Koperasi dan UKM teten Masduki kemudian membuka gelaran Expo UKM Industri Kreatif dan Ekonomi Digital dan melakukan kunjungan di stand UMKM Wakatobi. Kegiatan Expo sendiri akan berjalan hingga tanggal 6 November 2023, dan menjadi salah satu agenda meramaikan kegiatan Wakatobi Wave 2023 yang dilangsungkan di area Marina Wakatobi.**(Red)