NewsPendidikan

Jadi Penyelenggara IOSIE 2024, IAIN Kendari Libatkan Akademisi dari 5 Negara di Dunia

235
×

Jadi Penyelenggara IOSIE 2024, IAIN Kendari Libatkan Akademisi dari 5 Negara di Dunia

Share this article

TERAMEDIA.ID, KENDARI – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, melalui Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) menjadi tuan rumah pada pagelaran International Olympiad on Islamic Economics and Business (IOSIE) yang dirangkaikan dengan International Conference dengan melibatkan juri dan pembicara dari 5 negara di dunia.

Kegiatan ini bakal berlangsung selama 3 hari pada tanggal 5-8 Maret 2024, berlokasi di dua tempat yakni syahid Azizah Syariah Hotel dan Kampus IAIN Kendari.

Dekan FEBI IAIN Kendari, Dr Muhammad Hadi, mengungkapkan juri pada 15 lomba olimpiade dan pembicara pada konferensi berskala internasional ini berasal dari Pakistan, Malaysia, Nigeria, Filipina dan Indonesia.

“Event ini menjadi tempat bagi peserta mengembangkan wawasan lebih dalam tentang prinsip-prinsip ekonomi islam,” katanya, pada Rabu, (28/2/2024).

Hadi melanjutkan, penyelenggaraan babak penyisihan IOSIE sudah dimulai sejak tanggal 26 dan berakhir di 29 Februari 2024. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat mendongkrak peningkatan akreditasi Program Studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kendari.

“Untuk jadwal babak final dan konferensi akan dilaksanakan pada bulan Maret mendatang.,” tambahnya.

Sementara itu Rektor IAIN Kendari, Prof Husain Insawan,mengungkapkan kolaborasi antara IAIN Kendari dengan Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (AFEBIS) untuk melaksanakan event tahunan ini diharapkan dapat menggalang kreativitas mahasiswa dalam bidang ekonomi Islam. Itu juga sejalan dengan arahan menteri Agama RI, Gus Yaqut Cholil Qoumas.

“IOSIE juga sejalan dengan arahan Menteri Agama, Gus Yaqut Cholil Qoumas, yang mendorong pengembangan World Class University dengan melibatkan pelaksanaan event-event internasional,” tutur Rektor.

Untuk diketahui, pelaksanaan IOSIE pertama kali digelar pada tahun 2023 bertempat di UIN Raden Mas Said Surakarta. Sedangkan tahun ini FEBI IAIN Kendari terpilih sebagai penyelenggara. *(ST).

editor:DN