News

Cegah Kebakaran Hutan Melalui Aplikasi SINKRON

64
×

Cegah Kebakaran Hutan Melalui Aplikasi SINKRON

Share this article

TERAMEDIA.ID,KOTA KENDARI- Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (PKHL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH) kembangkan sistem pelaporan pengendalian karhutla online (SINKRON) lewat bimtek untuk mencegah kebakaran hutan, di salah satu hotel di Kota Kendari, Kamis (11/7/2024).

 

Anis Susanti Aliati, Kepala Subdit PKHL mengatakan, pelaporan online terkait karhutla merupakan salah satu upaya mengakomodasi organisasi darkarhutla dalam melakukan pelaporan pada situs tersebut.

 

Sehingga permasalahan terkait karhutla dapat diatasi, utamanya dalam upaya pencegahan, pemadaman hingga upaya penanganan pasca karhutla.

 

“Kegiatan ini juga bentuk koordinasi dan sinergi antara Kementerian LHK dan Dinas Kehutanan Sultra, antara lain untuk mengetahui data terupdate pemegang izin yang masih aktif di wilayah Sultra,” ungkap Anis.

 

Anis berharap, dengan terselenggarakannya bimtek SINKRON ini, seluruh upaya dan pendataan terkait pengendalian karhutla di tingkat tapak dapat dilakukan secara terkoordinasi, terintergrasi, efektif dan efisien, akurat dan bertanggung jawab.

 

“Khususnya meningkatnya awareness dan kepatuhan pelaporan dari para pemegang izin,” tegasnya.

 

Sekretaris Dishut Sultra, Dharma Prayudi menjelaskan aplikasi SINKRON nantinya akan melaporkan setiap kejadian kebaran hutan dan lahan hingga upaya pemadaman. Dimana akan terpantau langsung oleh Kementrian KLH.

 

Terlebih kata Dharma kebakaran hutan justru paling banyak terjadi di areal pemegang izin, olehnya itu ia berharap dengan bimtek ini dapat mengedukasi pihak-pihak terkait.

 

“Baru ada 2 perusahaan yang melaporkan secara online, sementara datanya tadi ada 51 perusahaan,” terangnya.

 

Perlu diketahui, selain Provinsi Sultra kegiatan bimtek sebelumnya juga telah dilaksanakan di Provinsi Riau, Kalsel, Kalteng, Kaltim dan Kaltara.(NV)

editor:DN