NewsHukum & Kriminal

602 Personel di Siagakan Polresta Kendari Guna Pengamanan TPS Pemilu 2024

118
×

602 Personel di Siagakan Polresta Kendari Guna Pengamanan TPS Pemilu 2024

Share this article

TERAMEDIA.ID, KENDARI- Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kendari menggelar apel pengecekan personel dan sarana prasarana (sarpras) dalam rangka kesiapan pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) di pemilihan umum (pemilu) 2024. Pada selasa (6/2/2024).

Bertempat di Makopolresta Kendari, apel dipimpin langsung oleh Kapolresta Kendari AKBP Aris Tri Yunarko SIK MSi.

“Jumlah personel yang terlibat pengamanan TPS sebanyak 402 Personel Polresta Kendari dan Polsek Jajaran ditambah BKO dari Polda Sultra 200 orang, jadi totalnya 602 pasukan,” terang Aris Tri Yunarko.

Aris Tri Yunarko menuturkan personel tersebut akan disiagakan di 1.383 TPS pada pemilu tanggal 14 Februari mendatang.

“Untuk TPS terbagi di 4 wilayah di Kota Kendari, 4 kecamatan di kabupaten Konawe Selatan (Konsel), 2 kecamatan di kabupaten Konawe dan Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep),” ungkapnya.

Dalam pengamanan TPS, Aris Tri Yunarko menekankan personel harus netral, tidak diperbolehkan terlibat politik praktis.

Kemudian, personel pengamanan TPS tidak diperkenankan membawa senjata api maupun senjata tajam, jika masih ada personil yang memegang senpi akan dititipkan di logistik.

“Kepada personel untuk menjaga sikap dan perilaku dalam melaksanakan pengamanan, utamanya personel yang jauh dari pengawasan pimpinan,” imbuhnya.

“Jangan melakukan pelanggaran sekecil apapun, jangan mencoreng nama baik institusi kepolisian di mata masyarakat. Jadikan pengamanan ini sebagai ladang ibadah untuk kita semua, dan wilayah hukum Polresta Kendari bisa tetap aman dan kondusif,” pungkasnya.*(DW)

editor:DN